Analisis Kenakalan Remaja Dan Gambaran Self Esteem Pada Narapidana Di Rutan Kelas 1 Cirebon (Studi Kasus pada Narapidana Remaja yang Mengkonsumsi Obat-Obatan)

Ghina Nurfadhillah Dwiyanti, (2023) Analisis Kenakalan Remaja Dan Gambaran Self Esteem Pada Narapidana Di Rutan Kelas 1 Cirebon (Studi Kasus pada Narapidana Remaja yang Mengkonsumsi Obat-Obatan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306182_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306182_2_bab1.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306182_6_bab5.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306182_7_dafpus.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Kenakalan remaja memberikan definisi sebagai perilaku remaja yang mengabaikan standar sosial yang berlaku di masyarakat. Tulisan ini dilatar belakangi banyaknya kasus kenakalan remaja maka peneliti ingin mengetahui mengapa anak remaja melakukan kenakalan remaja yang berujung pada kasus kejahatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kasus kenakalan remaja yang dilakukan oleh narapidana remaja yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang di Rutan Kelas 1 Cirebon, faktor yang mempengaruhi kasus kenakalan remaja dan penyebab melakukan tindak kenakalan yang berakibat pada tindakan kriminal yang dilakukan oleh narapidana remaja, gambaran self esteem terhadap warga binaan pemasyarakatan berdasarkan klasifikasi kenakalan remaja di Rutan Kelas 1 Cirebon. Dalam metode penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini terdapat berbagai macam kenakalan remaja kasus kenakalan remaja yang dilakukan oleh narapidana remaja di Rutan Kelas 1 Cirebon diantaranya dimulai dari kenakalan ringan hingga kenakalan berat, seperti suka kluyuran, membolos sekolah, mabuk, menggunakan obat-obatan terlarang, tawuran, hingga kenakalan yang berujung pada tindakan kriminal seperti pemerkosaan, pengedar obat-obatan terlarang, dan aksi tawuran yang membawa senjata tajam. Faktor yang melatarbelakanginya yaitu faktor internal narapidana melakukan kenakalan remaja adalah atas kemauannya sendiri atau adanya dorongan dari dalam dirinya secara sadar. Sedangkan faktor eksternal para narapidana melakukan kenakalan adalah karena faktor lingkungan pertemanan dan lingkungan keluarga. Self esteem narapidana remaja di Rutan Kelas 1 Cirebon memiliki self esteem yang tinggi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kenakalan remaja, Faktor kenakalan remaja, Self esteem
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 May 2023 00:23
Last Modified: 08 May 2023 00:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10164

Actions (login required)

View Item View Item