LENI SUSANTI, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TULANG NAPIER TERHADAP KECEPATAN BERHITUNG SISWA PADA POKOK BAHASAN PERKALIAN BILANGAN BULAT Studi Eksperimen Kelas VII SMP Negeri 3 Losari Kabupaten Brebes. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350087_LENI SUSANTI__ok.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
LENI SUSANTI : Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Tulang Napier Terhadap Kecepatan Berhitung Siswa Pada Pokok Bahasan Perkalian Bilangan Bulat Kelas VII SMP Negeri 3 Losari Kabupaten Brebes. Pembelajaran matematika kerap sekali menempatkan siswa sebagai objek pembelajaran, namun disini ternyata siswa sangat lemah dalam menghitung perkalian yang khususnya perkalian bilangan bulat ada yang tidak tahu cara menghitungnya ada yang kesulitan mengitungnya juga. Untuk meningkatkan kecepatan berhitung siswa diperlukan alat bantuya itu alat peraga Tulang Napier. Tujua ndari penelitian ini yaitu untuk mengkaji bagaimana respon siswa dalam penggunaan alat peraga Tulang Napier dalam mengerjakan perkalian bilangan bulat, untuk mengkaji kecepatan berhitung siswa dalam mengerjakan soal perkalian dengan alat peraga Tulang Napier, dan untuk mengkaji seberapa besar pengaruh siswa dalam penggunaan alat peraga Tulang Napier terhadap kecepatan berhitung siswa pada pokok bahasan perkalian bilangan bulat. Alat peraga Tulang Napier adalah alat bantu yang digunakan oleh guru dalam menyalurkan informasinya kepada siswa, jika guru memberikan pengarahan secara jelas dan siswa pun menggunakan dengan baik pasti akan menghasilkan kecepatan berhitung siswa dalam menghitung perkalian bilangan bulat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Losari Kabupaten Brebes, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Terambil kelas VII E yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen .Setelah data diperoleh, kemudian data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan chi-kuadrat, uji homogenitas dengan uji F, sedangkan uji analisis uji t. Hasil penelitian menujukan bahwa peningkatan kecepatan berhitung siswa yang menggunakan alat peraga Tulang Napier Dalam penelitian ini untuk mendapatkan data mengenai kecepatan berhitung siswa, dilakukan tes tertulis dengan tes pilihan ganda sebanyak 15 butir soal dengan 4 alternatif jawaban. Berdasarkan tes dilakukan sebelum penggunaan alat peraga Tulang Napier dan sesudah Tulang Napier dengan jumlah peningkatanya 1471,31 dengan rata-rata 40,87. Terdapat pengaruh kecepatan berhitung siswa menggunakan alat peraga Tulang Napier dalam pembelajaran matematika pada perkalian bilangan bulat (), maka dapat disimpulkan sehingga diterima dan ditolak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 01:33 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 06:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1017 |
Actions (login required)
View Item |