Implementasi Tugas Penyuluh Agama Dalam Memberikan Bimbingan Keluarga Sakinah Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu

Maftuhaturrohmah, (2023) Implementasi Tugas Penyuluh Agama Dalam Memberikan Bimbingan Keluarga Sakinah Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306043_1_cover.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306043_2_bab1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306043_6_bab5.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306043_7_dafpus.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penyuluh Agama merupakan profesi pekerjaan yang dituntut agar mampu menyebarkan ilmu pengetahuan, kemampuan, dan keahlian yang memadai agar penyuluhan dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Penyuluh Agama harus memahami bidang profesi pekerjaannya, karena Penyuluh Agama dapat dikatakan sebagai pelaksana dalam penyiaran agama atau dakwah. Sebelum melangsungkan akad pernikahan, diharuskan adanya bimbingan keluarga sakinah untuk calon pengantin yang diberikan Penyuluh Agama untuk calon pengantin, dilakukan di Kantor Urusan Agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tugas Penyuluh Agama khususnya dalam memberikan bimbingan keluarga sakinah. Bagi calon pengantin diharapkan agar mendapatkan bekal untuk memperkuat kualitas pernikahan dan dapat menjadikan keluarga yang sakinah. Metode Kualitatif digunakan dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif dengan informan sebanyak lima orang yang terdiri dari satu orang Penyuluh Agama fungsional, dan empat pasangan calon pengantin yang sudah diberikan bimbingan keluarga sakinah. Lokasi penelitian ini diadakan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yang berjudul Implementasi Tugas Penyuluh Agama dalam Memberikan Bimbingan Keluarga Sakinah di Kantor Urusan Agama sangat penting dilakukan, karena berdampak positif terhadap calon pengantin. Tugas Penyuluh Agama dalam memberikan bimbingan keluarga sakinah sudah berjalan dengan cukup baik, akan tetapi kurangnya antusias dari masyarakat dan tingkat kesadaran tentang bimbingan calon pengantin sangatlah kurang. Padahal untuk mencapai keluarga yang sakinah harus mendapatkan bekal ilmu pengetahuan. Metode yang dilakukan Penyuluh Agama dalam mewujudkan keluarga yang sakinah yaitu menggunakan metode ceramah, metode diskusi dan tanya jawab. Pendapat calon pengantin tentang bimbingan keluarga sakinah calon pengantin ini sangat penting dilakukan, karena sangat berdampak positif terhadap calon pengantin.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penyuluh Agama, Bimbingan Keluarga Sakinah, Calon Pengantin
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 May 2023 07:02
Last Modified: 08 May 2023 07:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10183

Actions (login required)

View Item View Item