Implementasi Layanan Konseling Individual Dengan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy Pada Remaja Putus Sekolah Di Desa Wonorejo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah

Ita Febrianingrum, (2023) Implementasi Layanan Konseling Individual Dengan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy Pada Remaja Putus Sekolah Di Desa Wonorejo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1708306032_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306032_2_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306032_6_bab5.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306032_7_dafpus.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Masa remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa dewasa, pada masa ini individu banyak sekali mengalami perkembangan fisik, mental dan sosial, perkembangan yang begitu pesat pada remaja bukan tanpa masalah, karena pada masa ini banyak permasalahan-permasalahan yang timbul akibat perkembangan itu sendiri, justru menjadi tantangan besar bagi individu yang sedang menghadapi masa ini, apalagi jika perkembangan pada masa remaja tidak dibarengi dengan kondisi lingkungan yang mendukung perkembangannya. Akan tetapi terdapat 7 remaja di Desa Wonorejo yang tidak dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi pada dirinya sehingga mengakibatkan remaja tersebut memutuskan untuk putus sekolah Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor�faktor remaja awal putus sekolah, untuk mengetahui pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) pada remaja awal putus sekolah, untuk mengetahui hasil implementasi konseling individualdengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) pada remaja awal putus sekolah. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field riset), yakni mendeskripsikan data pengamatan dengan fenomena yang terjadi di lapangan dan adanya tindakan konseling REBT yang dilakukan tindakan konseling REBT terdapat beberapa tahapan antara lain : Tahap awal, tahap inti (kerja), tahap akhir (tindakan). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil dari implementasi konseling individual dengan teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Terlihat dari adanya perubahan dalam pemikiran rasional seperti yang ditujukan kepada responden PNAG, SAW, SM, CPR, E, dan R bahwa para remaja ini berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan kembali dan untuk responden H belum berkeinginan untuk melanjutkan sekolah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individual, REBT, Remaja
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 01:28
Last Modified: 09 May 2023 01:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10204

Actions (login required)

View Item View Item