Ayu Tuti Alawiyah, (2023) Pengaruh Edukasi Sleep Hygiene dalam Mereduksi Insomnia pada Siswa Kelas VIII-A MTsN 3 Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.
|
Text
1808306047_1_cover.pdf Download (919kB) | Preview |
|
|
Text
1808306047_2_bab1.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
1808306047_6_bab5.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
1808306047_7_dafpus.pdf Download (313kB) | Preview |
Abstract
Insomnia sangat mengganggu kualitas dan kuantitas tidur, sehingga dapat menimbulkan penurunan produktifitas, konsentrasi dan merusak kegiatan yang melibatkan daya ingat. Sleep hygiene adalah salah satu strategi dalam mereduksi insomnia, sleep hygiene sangat efektif modifikasi perilaku yang bermaksud untuk memastikan berbagai macam prilaku, keadaan lingkungan, dan faktor yang berkaitan dengan tidur yang bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Untuk membantu siswa yang mengalami insomnia perlu diberikan edukasi sleep hygiene diupayakan dengan pembinaan yang konsisten yang di dalamnya merupakan kegiatan yang harus diterapkan waktu menjelang tidur untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas tidur yang didapatkan individu setiap malam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui edukasi sleep hygiene yang dapat mereduksi insomnia Siswa di MTsN 3 Cirebon, untuk mengetahui Mengukur dan mengetahui keadaan sleep hygiene dan tingkat insomnia siswa setelah diberikan edukasi sleep hygiene, mengetahui gambaran insomnia siswa di MTsN 3 Cirebon sebelum dan sesudah intervensi, dan untuk mengetahui seberapa pengaruh edukasi sleep hygiene dalam mereduksi insomnia pada siswa kelas VIII-A MTsN 3 Cirebon. Metode penelitian yang dipakai kuantitatif dengan metode pre-eksperimental dengan tipe penelitian one grup pretest-posttest sehingga dapat memberikan informasi yang berguna. pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang bertujuan pengambilan sampel yang mempunyai keriteria dan penilaian sesuai penelitian. Jadi sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 11 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini kuesiioner Sleep hygiene Index (SHI) dan Insomnia Severity Index (ISI). Adapun pengolahan datanya menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat, dengan uji alternatif Paired Sample T-Test. Hasil pretest diketahui Sleep Hygiene Index (SHI) dengan nilai mean 34,82, sedangkan saat sesudah diberikan intervensi posttest (x2) didapatkan nilai mean 29,00. Dari analisis pada tabel dapat diketahui bahwa nilai Sig. (2 tailed) = ,006 < 0,05. Pada nilai Insomnia Severity Indeks (ISI pretest (y1) diketahui nilai mean 12,64, sedangkan saat sesudah diberikan intervensi posttest (y2) didapatkan nilai mean 10,27. Dari analisis pada tabel dapat diketahui bahwa nilai Sig. (2 tailed) = ,016 < 0,05. Sehingga Ha diterima yang berarti “Terdapat pengaruh yang signifikan antara edukasi sleep hygiene dalam mereduksi insomnia siswa”.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sleep Hygiene, Insomnia |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 09 May 2023 07:24 |
Last Modified: | 09 May 2023 07:24 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10213 |
Actions (login required)
View Item |