Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Remaja di Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan

Nida Khoerun Nisa, (2023) Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Remaja di Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1808306078_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306078_2_bab1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306078_6_bab5.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306078_7_dafpus.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Remaja sebagai seorang pelajar memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan tugas akademisnya, seperti mengikuti pembelajaran di sekolah, mengerjakan tugas mata pelajaran, dan berbagai tugas lainnya. Dengan adanya tugas tersebut tidak jarang remaja merasa dirinya tidak mampu untuk menyelesaikan tugas tersebut. Oleh karena itu, diharapkan remaja memiliki efikasi diri yang kuat, yang mana efikasi diri disini akan memberikan dampak terhadap berhasil tidaknya remaja dalam menyelesaikan suatu tugas. Ketika remaja memiliki efikasi diri yang kuat atau yakin terhadap kemampuan dirinya maka remaja tidak akan kesulitan untuk menyelesaikan tugas tersebut dan berujung pada penundaan mengerjakan tugas atau biasa dikenal dengan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik sendiri merupakan suatu perilaku menunda suatu pekerjaan atau tugas penting dan lebih memilih untuk mengerjakan pekerjaan lain yang menurutnya lebih menyenangkan Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efikasi diri remaja di Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan, (2) mengetahui prokrastinasi akademik remaja di Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan, dan (3) mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada remaja di Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 160 orang dengan sampel 40 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan metode korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) efikasi diri remaja di Desa Timbang berada dalam kategori sedang, yaitu ditunjukkan dengan 17 responden (42,5%), (2) prokrastinasi akademik remaja di Desa Timbang berada dalam kategori sedang dengan jumlah 13 responden (32,5%). (3) terdapat hubungan negatif antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada remaja di Desa Timbang yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,526 dan nilai signifikansi (p) = 0,000. Artinya, semakin tinggi efikasi diri maka semakin rendah prokrastinasi akademik, ataupun sebaliknya semakin rendah efikasi diri maka semakin tinggi prokrastinasi akademik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Prokrastinasi Akademik, Remaja
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 07:54
Last Modified: 09 May 2023 07:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10220

Actions (login required)

View Item View Item