Layanan Bimbingan Karir Untuk Membantu Siswa Kelas XII Dalam Mengambil Keputusan Tentang Program Studi Perguruan Tinggi di MAN 1 Kabupaten Cirebon

Fadilah Rachman Dwisukma, (2023) Layanan Bimbingan Karir Untuk Membantu Siswa Kelas XII Dalam Mengambil Keputusan Tentang Program Studi Perguruan Tinggi di MAN 1 Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306016_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306016_2_bab1.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306016_6_bab5.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306016_7_dafpus.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan karir mengenai keputusan dalam mengambil program studi perguruan tinggi yang banyak dikeluhkan oleh siswa kelas XII. Permasalahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu faktor internal maupun eksternal. Selain itu, permasalahan dalam mengambil keputusan tentang program studi perguruan tinggi dapat menimbulkan perasaan ragu. Hal ini diakibatkan karena kurang optimal informasi seputar program studi maupun perguruan tinggi. Dengan adanya layanan bimbingan karir yang diterapkan sehingga dapat membantu permasalahan siswa terkait karir yang ingin dicapai. Pada penelitian ini terdapat beberapa rumusan masalah seperti: bagaimana jenis layanan bimbingan karir untuk membantu siswa kelas XII dalam mengambil keputusan tentang program studi perguruan tinggi di MAN 1 Kabupaten Cirebon?, bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan karir untuk membantu siswa kelas XII dalam mengambil keputusan tentang program studi perguruan tinggi di MAN 1 Kabupaten Cirebon?, apakah hambatan dari layanan bimbingan karir untuk membantu siswa kelas XII dalam mengambil keputusan tentang program studi perguruan tinggi di MAN 1 Kabupaten Cirebon?. Tujuan yang perlu dicapai dalam penelitian ini diantaranya yaitu mengetahui jenis layanan bimbingan karir, kemudian mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan karir, dan hambatan layanan bimbingan karir untuk membantu siswa kelas XII dalam mengambil keputusan tentang program studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 7 informan yang diambil dari salah satu dari pihak guru BK dan perwakilan siswa kelas XII dari masing-masing jurusan disekolah. Kemudian, terdapat teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis layanan bimbingan karir diantaranya yaitu menggunakan bimbingan secara klasikal, bimbingan secara kelompok, bimbingan secara individu, dan dibantu menggunakan dukungan sistem. Selain itu, pada pelaksanaan layanan bimbingan karir terdapat beberapa tahapan yang dilalui seperti perencanaan, pembekalan, maupun evaluasi. Kemudian didalam layanan bimbingan karir tersebut terdapat beberapa hambatan yang terjadi yaitu dari faktor internal yang berasal dari dalam diri masing-masing siswa maupun guru BK, kemudian hambatan secara eksternal yang ditimbulkan karena dukungan sistem yang bermasalah dalam membantu siswa kelas XII ketika mengambil keputusan tentang program studi perguruan tinggi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan karir, mengambil keputusan, program studi perguruan tinggi, siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 08:39
Last Modified: 09 May 2023 08:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10226

Actions (login required)

View Item View Item