Reni Nurani, (2012) PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (Studi Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Plered Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350093_Reni Nurani__ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Reni Nurani: PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (Studi Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Plered Kabupaten Cirebon). Pendidikan di Indonesia masih menganggap siswa yang cerdas adalah siswa yang mendapatkan nilai-nilai akademik bagus atau masih melihat kecerdasan IQ-nya saja tanpa melihat kecerdasan lain. Begitu juga di SMP Negeri 3 Plered Kab. Cirebon. Di SMP tersebut hanya menilai kebrhasilan metode yang digunakan dalam kecerdasan IQ saja, sehingga mengabaikan kecerdasan emosional seperti kecerdasan interpersonal. Hal itu berakibat masih ditemukannya siswa yang sering tawuran, berkelahi, tidak memiliki sopan santun dan lain sebagainya. Hal itu dikarenakan karakter siswa yang lemah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pemahaman siswa tentang metode kerja kelompok, untuk menggambarkan profil kecerdasan interpersonal siswa, untuk menginformassikan seberapa baik pelaksanaan metode kerja kelompok, untuk menginformasikan seberapa tinggi tingkat kecerdasan interpersonal siswa, dan untuk mengetahui adakah pengaruh metode kerja kelompok terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Plered Kab. Cirebon. Metode kerja kelompok adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Dalam metode kerja kelompok dituntut untuk bekerjasama, berkomunikasi, saling menghargai, memimpin, dan lain-lain. Dengan demikian akan membentuk karakter siswa yang peduli terhadap orang lain. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu angket, observasi, dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Plered Kab. Cirebon yaitu 249 sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 35 siswa. Analisis datanya menggunakan korelasi product moment, sedangkan untuk menghitung ada tidaknya pengaruh metode kerja kelompok terhadap kecerdasan interpersonal siswa (Studi Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Plered Kab. Cirebon) dengan menggunakan koefisien korelasi. Hasil penelitian ini bahwa pemahaman siswa terhadap metode kerja kelompok termasuk ke dalam kategori sangat baik. Profil kecerdasan interpersonal siswa cukup baik. Pelaksanaan metode kerja kelompok di SMP Negeri 3 Plered tergolong dalam kategori sangat baik dengan prosentase 96,94%. Kecerdasan interpersonal siswa di SMP Negeri 3 Plered juga menunjukkan kategori sangat baik dengan presentase 84,34%. Terdapat pengaruh metode kerja kelompok terhadap kecerdasan interpersonal siswa di SMP Negeri 3 Plered yaitu sebesar 5,916. Maka,
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 01:59 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:01 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1023 |
Actions (login required)
View Item |