Dampak Game Online Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Kajengan Kidul Desa Danawinangun Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon

Hasyim Hidayat Sindhu, (2023) Dampak Game Online Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Kajengan Kidul Desa Danawinangun Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306027_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306027_2_bab1.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306027_6_bab5.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306027_7_dafpus.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak game online terhadap perkembangan kognitif anak di Kajengan Kidul Desa Danawinangun Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data ada dua yaitu wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu reduksi data, meringkas, memilih perihal yang utama dan penting untuk penelitian peneliti dari informan. Data yang telah direduksi dapat memberikan gambaran yang jelas dan memberikan kemudahan peneliti dalam melalukan pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, game online mempunyai dampak terhadap perkembangan kognitif anak Di Kajengan Kidul Desa Danawinangun Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon. Dalam penelitian ini dampak negatif lebih banyak dari pada dampak positif. Dampak negatif Terhadap pola perilaku, anak-anak menjadi berani membantah, melawan dan berkata kotor. Gambaran perkembangan kognitif anak di Kajengan Kidul Desa Danawinangun Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon mengalami gangguan terhadap perkembangan kognitifnya. Indikator perkembangan kognitif dalam penelitian ini antara lain proses mengingat, proses pemecahan masalah, dan proses pengambilan keputusan. Berikut dampak negatif dari game online terhadap perkembangan kognitif anak: Proses mengingat, intensitas bermain game online menentukan dampak pada proses mengingat, anak-anak menjadi pelupa dan hanya ingat selalu tentang game online. Pemecahan masalah, anak-anak mengalami kesulitan dalam proses pemecahan masalahnya, dalam menyikapi permasalahan anak-anak mengedepankan emosinya antara lain sikap nya itu marah-marah, diam kesal, dan menangis. Pengambilan keputusan, dalam pengambilan keputusan anak-anak terkesan tergesa-gesa atau terburu-buru. Berikut dampak positif nya antara lain: melatih berfikir efektif, melatih kepercayaan diri, dan melatih kefokusan. Adapun peran orang tua dan lingkungan dari dampak game online terhadap perkembangan kognitif anak, sebagai pemberi perhatian, sebagai pemenuh kebutuhan, dan sebagai pendidik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Game online, perkembangan kognitif anak, gambaran kognitif anak
Subjects: T Technology > Information Technology
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 May 2023 07:27
Last Modified: 11 May 2023 07:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10238

Actions (login required)

View Item View Item