Upaya Santri Putri Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadiin Dalam Mengelola Stres Dengan Menggunakan Terapi Menulis Ekspresif

Siti Nuryani Wahidah, (2023) Upaya Santri Putri Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadiin Dalam Mengelola Stres Dengan Menggunakan Terapi Menulis Ekspresif. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306156_1_cover.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306156_2_bab1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306156_6_bab5.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306156_7_dafpus.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh santri ketika berada di pesantren, adanya aturan dan kewajiban yang harus dipatuhi selain kegiatan pribadi, sehingga dapat mempengaruhi terhadap keadaan santri karena banyaknya tuntutan yang harus dijalankan. Munculnya rasa stres dalam pikiran dapat mengganggu semua aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Kurang fokus dan menimbulkan rasa malas saat kegiatan juga menghambat segala aktivitas seorang santri yang penuh dengan kewajiban dan aturan saat berada di pesantren. Stres adalah suatu kondisi yang mempengaruhi keadaan fisik atau psikologis seseorang karena tekanan internal atau eksternal yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari santri putri yang lebih mengedepankan perasaannya ketika capek dan banyak masalah, sehingga tidak bisa mengelolanya sebaik mungkin sampai munculnya rasa stres dalam pikirannya. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya santri putri dalam mengelola stres di pondok pesantren Raudlatul Mubtadiin? (2) Bagaimana dampak terapi menulis ekspresif terhadap pengeloaan stres di Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadiin? Dalam menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam menganalisis Upaya Santri Putri Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadiin dalam Mengelola Stres, data yang digunakan meliputi hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang disajikan pada analisis data. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, bentuk stres yang dialami oleh santri putri pondok pesantren Raudlatul Mubtadiin yang menerapkan terapi menulis ekspresif terdapat dua faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternalnya adalah masalah pertemanan, keluarga, keuangan, tugas sekolah, dan tugas pesantren. sedangkan faktor internalnya adalah bosan, suntuk, mudah marah, tidak percaya diri, sensitif, egoisme, dan tidak bisa mengontrol diri. Terdapat gejala yang dialami oleh santri putri yaitu, gejala : 1) Gejala fisik 2) Gejala emosional 3) Gejala kognitif 4) Gejala interpersonal. Upaya yang dilakukan santri ketika srtres yaitu, dengan menulis ekspresif dengan media buku tulis dan buku diari dengan waktu yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Dampak yang dirasakan beberapa santri putri setekah melakukan terapi menulis ekspresif adalah dapat meringankan gejala stres, menegelola stres, meningkatkan mood, menjadikan perasaan lebih tenang dan lega, mengelola perasaan dan pikiran negatif, berpikir positif, serta menjadikan pemahaman terhadap diri sendiri sebgai motivasi diri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Stres, Terapi Menulis Ekspresif
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 May 2023 01:03
Last Modified: 12 May 2023 01:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10259

Actions (login required)

View Item View Item