PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP ISLAM LOSARI-BREBES ( studi Eksperimen di Kelas VII D SMP Islam Losari )

Siti Runikah, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP ISLAM LOSARI-BREBES ( studi Eksperimen di Kelas VII D SMP Islam Losari ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350096_SITI RUNIKAH_58451137__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Runikah (58451137) : “Pengaruh Penggunaan Strategi pembelajaran Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Segiempat di Kelas VII SMP Islam Losari Brebes (Studi Eksperimen di Kelas VII D SMP Islam Losari)” Selama ini proses pembelajaran masih bersifat teacher centered, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga kurangnya keaktifan siswa pada saat pembelajaran. Salah satu alternative pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa, adalah strategi mind mapping dimana strategi ini memberikan manfaat bagi siswa, sehingga siswa terlibat secara penuh dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam hal mencatat, yang biasanya mencatat dengan bentuk linear dalam strtegi disini dirubah menjadi seperti peta. Oleh karena itu, dalam pembelajaran bangun ruang sub pokok bahasan segiempat, peneliti menggunakan pembelajaran dengan strategi mind mapping. Tujuan dari penelitian ini, peneliti ingin melihat pengaruh strategi mind mapping terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan segiempat, sesuai dengan materi pada saat panelitian berlangsung. Setelah hasil dari proses pembelajaran dikelas diketahui, maka selanjutnya mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan strategi mind mapping terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan segiempat. Dalam penelitian ini, peneliti menduga terdapat pengaruh penggunaan strategi mind mapping terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Losari Brebes tahun ajaran 2011/2012, sedangkan sampel disini adalah kelas VII D yang berjumlah 42 anak. Dimana sampel tersebut diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui angket dan tes dalam bentuk pilihan ganda pada pokok bahasan segiempat. Adapun teknik analisis datanya diolah dengan menggunakan program SPSS versi 16 for windows. Hasil pengolahan data menunjukkan skor rata-rata prestasi belajar siswa diperoleh skor 74,05. Sedangkan hasil uji coba hipotesis Ho : �� = �� dan Ha : �� �� dari kelas yang diteliti didapat thitung= 3,846 dan ttabel = 2,020 dan taraf sinifikansi 0,000 karena thitung > ttabel taraf signifikansinya< 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan strategi mind mapping terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan segiempat. Maka strategi mind mapping dapat dijadikan oleh guru sebagai salah satu strategi alternatif dalam pembelajaran matematika. Untuk penelitian selanjutnya perlu dicoba penelitian dengan menggunakan mind mapping ini untuk pokok bahasan lain serta dengan menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Kata Kunci: Prestasi Belajar Siswa, Srategi mind Mapping

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 02:13
Last Modified: 07 Jun 2017 02:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1026

Actions (login required)

View Item View Item