Peran Ustadz Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental dan Spiritual Pada Lansia Melalui Kajian Rutin di Mushola Raudhatussholihin Desa Surawangi Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka

Wiwin Widiyanti, (2023) Peran Ustadz Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental dan Spiritual Pada Lansia Melalui Kajian Rutin di Mushola Raudhatussholihin Desa Surawangi Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306172_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306172_2_bab1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306172_6_bab5.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306172_7_dafpus.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Peran ustadz dalam meningkatkan kesehatan mental dan spiritual lansia melalui kajian mempunyai peran yang besar. Di mana masa kini kesehatan mental dan spiritual amat penting bagi seseorang terutama lansia. Hal ini karena keadaan emosional dan fisik lansia seringkali mengalami penurunan fungsi, tapi tidak menutup kemungkinan perkembangan emosional atau psikologisnya lebih matang. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi mental dan fisiknya menurun, seperti kehilangan pekerjaan, kehilangan pasangan, ditinggal anak, maupun karena faktor biologisnya yang menurun. Sehingga dirinya belum siap dan belum atau menerima keadaan tersebut. Maka sebagai masyarakat yang mempuyai kepedulian dan sebagai warga yang baik, perlu mengupayakan kesejahteraan lansia sesuai dengan Undang-Undang No.13 Tahun 1998 Pasal 8. Penelitian ini mempunyai tujuan yang jelas yaitu untuk mengetahui bentuk dari kegiatan kajian rutin di Mushola Raudhatussholihin, memahami peran ustadz dalam meningkatkan kesehatan mental lansia melalui kajian rutin, dan mengetahui peran ustadz dalam meningkatkan spiritual lansia melalui kajian rutin di Mushola Raudhatussholihin Desa Surawangi Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu, suatu teknik dalam pengumpulan data yang dilakukan peneliti untuk menentukan informan dalam penelitian sebagai narasumber dengan mempertimbangkan kriteria tertentu. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kajian rutin di Musola Raudhatussholihin dimulai pada pukul 08.00 hingga 10.00 WIB dengan dua ustadz. Rangkaian kegiatannya yaitu, membaca sholawat, pembukaan, mauizhatul hasanah, dan doa penutup, serta ziarah ke makam para wali setiap tiga bulan sekali. Peran ustadz dalam meningkatkan kesehatan mental membuat jiwa lansia lebih tenang, karena metode dan materi yang disampaikan sebagai pesan dakwah secara tersurat dan tersirat seperti sholat, membaca Al-Qur’an, dzikir, puasa, sedekah, dan bermuamalah ketika diamalkan membuat tenang jiwa. Peran ustadz dalam meningkatkan spiritual lansia membuat para lansia termotivasi untuk lebih fokus mengejar ketenangan rohani dengan cara beribadah kepada Allah dan menyambung silaturahmi yang baik dengan sesama juga karena adanya suatu dorongan yang diberikan oleh lingkungan termasuk dari ustadz yang memberikan nilai-nilai spiritual dari dalam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran Ustadz, Kesehatan Mental, Spiritual, Kajian
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 May 2023 01:08
Last Modified: 12 May 2023 01:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10261

Actions (login required)

View Item View Item