Analisis Deskriptif Perilaku Komunikasi Mahasiswa Organisasi Daerah Ikatan Mahasiswa Kabupaten Subang (IMKS) Yang Kecanduan Game Online Mobile Legend

Rona Fiki Ramdani, (2023) Analisis Deskriptif Perilaku Komunikasi Mahasiswa Organisasi Daerah Ikatan Mahasiswa Kabupaten Subang (IMKS) Yang Kecanduan Game Online Mobile Legend. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1415302069_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1415302069_2_bab1.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1415302069_6_bab5.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1415302069_7_dafpus.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial, manusia sebagai individu tidak akan mampu hidup sendiri tanpa bergantung pada manusia lainya. Bentuk dari proses sosial bisa memanfaatkan teknologi yang ada di sekitar. Beberapa diantaranya yaitu berkomunikasi di dalam game online, banyak remaja yang bermain game online hanya untuk kesenangan, tak terkecuali seorang mahasiswa. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah di paparkan di atas, maka pertanyaan peneliti yang di ajukan oleh peneliti ialah (1) Bagaimana profil masing�masing anggota yang kecanduan game online mobile legend di organisasi daerah Ikatan Mahasiswa Kabupaten Subang (IMKS Cirebon); (2) Bagaimana perilaku komunikasi verbal dan nonverbal mahasiswa organisasi daerah Ikatan Mahasiswa Kabupaten Subang (IMKS Cirebon) yang kecanduan game online mobile legend; (3) Bagaiamana dampak positif dan negatif mahasiswa yang kecanduan game online mobile legend di organisasi daerah Ikatan Mahasiswa Kabupaten Subang (IMKS Cirebon). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dampak dari mahasiswa yang kecanduan game online (2) Mengetahui prilaku komunikasi mahasiswa Organisasi Ikatan Mahasiswa Kabupaten Subang (IMKS) Cirebon yang kecanduan game online mobile legend; (3) Meningkatkan keaktifan mahasiswa Ikatan Mahasiswa Kabupaten Subang (IMKS) Cirebon dalam berorganisasi . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pendekatan interaksi simbolik dengan penyajian analisi secara deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer yaitu mahasiswa dan data sekunder yaitu anggota aktif Ikatan Mahasiswa Kabupaten Subang (IMKS) Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini ditemukan bahwa kecanduan game online mobile legend pada mahasiswa di Organisasi Ikatan Mahasiswa Kabupaten Subang (IMKS) Cirebon disebabkan oleh beberapa faktor sosial dari sesama anggota organisasi sekitar pecandu game. Hal yang menarik dalam penelitian ini adalah (1)profil informan yang bermain game online (2)perilaku komunikasi mahasiswa yang kecanduan game online mulai dari, (a)berkata kasar yang ditimbulkan oleh mahasiswa yang bermain game, (b) malas, dan dampak positif seperti , (a) bertambah banyaknya teman di luar daerah yang tidak pernah kita kunjungi dan (b) untuk menghilangkan rasa bosan dan stres ketika banyak nya kegiatan di sekitar kampus. (3) dampak positif dan negatif yang membuat mahasiswa kurangannya interaksi sesama anggota berdampak pada tidak aktifnya pecandu untuk mengikuti kegiatan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Game Online, Mahasiswa, Kecanduan
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 May 2023 01:19
Last Modified: 12 May 2023 01:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10264

Actions (login required)

View Item View Item