Mita Sri Wahyuni, (2023) Implementasi Praktik News Presenter Dalam Meningkatkan Keterampilan Public Speaking Mahasiswa KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.
|
Text
1808302026_1_cover.pdf Download (863kB) | Preview |
|
|
Text
1808302026_2_bab1.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
1808302026_6_bab5.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
1808302026_7_dafpus.pdf Download (534kB) | Preview |
Abstract
Public speaking merupakan satu dari sekian banyaknya ilmu terapan dari ilmu komunikasi. Keterampilan public speaking sangat dibutuhkan dalam dunia presenter, karena news presenter merupakan profesi yang memadukan intelektual dan penampilan. Namun pada realitanya, pengimplementasian praktik news presenter dalam mata kuliah Announcer yang dilakukan oleh mahasiswa semester 5 jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Selain itu, masih banyak mahasiswa belum begitu lancar dalam ber-public speaking, dan masih banyak mahasiswa KPI yang kurang serius dalam melaksanakan praktik news presenter ini. Selain itu peneliti juga ingin mengetahui bagaimana proses dalam praktik news presenter ini karena peneliti memiliki minat tersendiri dalam dunia public speaking. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana keterampilan public speaking mahasiswa KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebelum mengikuti praktik news presenter?, (2) bagaimana implementasi peningkatan keterampilan public speaking mahasiswa pada praktik news presenter? (3) Bagaimana hasil dari praktik news presenter terhadap keterampilan public speaking mahasiswa KPI IAIN Syekh Nurjati? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mahasiswa KPI tentang public speaking sebelum diadakannya praktik news presenter ini, peneliti juga ingin mengetahui proses penerapan praktik news presenter terhadap peningkatan kualitas public speaking setiap mahasiswanya, serta peneliti ingin mengetahui hasil dari adanya praktik news presenter pada mahasiswa KPI IAIN Syekh Nurjati. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari wawancara dan sumber data sekunder yang diperoleh dari observasi, dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan metode wawancara secara mendalam kepada mahasiswa dan juga dosen pengampu mata kuliah Announcer, observasi langsung di lapangan, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis studi kasus. Hasil penelitian didapatkan (1) keterampilan public speaking mahasiswa sebelum mengikuti praktik news presenter hanya mengetahui dasar-dasar public speaking saja, belum secara mendalam dan sangat minimnya tingkat kepercayaan diri. (2) proses implementasi praktik news presenter menggunakan metode video challenge kepada mahasiswa, diantaranya video challenge news presenter Metro TV di TikTok atau Instagram dan video berita di YouTube. Selain itu, dosen juga menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Teleprompter dan Pronunciation sebagai salah satu cara dosen dalam proses praktik cukup mampu mengasah skill public speaking mahasiswa yang mengikuti praktik news presentertersebut. (3) Terdapat peningkatan 11,14% dari dua pertemuan, yang mana pertemuan pertama menghasilkan nilai 44,43% dan pertemuan kedua menghasilkan nilai 55,57%. Mahasiswa mengalami peningkatan skill public speaking yang meliputi kriteria intonasi, artikulasi, irama, volume suara, gestur, kontak mata, mimik muka, busana dan bahasa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public speaking, news presenter, news anchor, mahasiswa komunikasi, komunikasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 12 May 2023 01:23 |
Last Modified: | 12 May 2023 01:23 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10265 |
Actions (login required)
View Item |