Putri Meyliani, (2023) Dakwah Bil Hal Laz Zakat Center Cirebon Dalam Mengoptimalkan Penyaluran Dana Zakat Melalui Program E-Man. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.
|
Text
1608302065_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1608302065_2_bab1.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
1608302065_6_bab5.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
1608302065_7_dafpus.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Zakat Center merupakan salah satu lembaga pengelola zakat, infaq, dan shadaqah yang bersifat nirlaba dan berorientasi penuh pada nilai dasar ibadah mengangkat harkat dan martabat kaum dhu’afa menjadi manusia mandiri dan bertaqwa kepada Allah. Zakat memiliki fungsi penghimpunan dan penyaluran yang dilakukan oleh lembaga LAZ Zakat Center Cirebon untuk memberdayakan mustahiq proses penghimpunan dana dapat dilakukan tiga cara yaitu datang langsung ke kantor, muzakki dapat mentransferkan dananya dan jemput zakat. Maka penelitian ini ingin mengetahui bagaimana proses LAZ Center Cirebon dalam mengoptimalkan pengelolaan dan zakat melalui program e-man? Bagaimana praktek dakwah bil hal LAZ Zakat Center Cirebon dalam menyalurkan dana zakat melalui program e-man?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui proses LAZ Zakat Center Cirebon dalam mengoptimalkan pengelolaan dana zakat melalui program e-man, (2) Untuk mengetahui praktek dakwah bil hal LAZ Zakat Center Cirebon dalam menyalurkan dana zakat melalui program e-man. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan study kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Proses penyaluran zakat di LAZ Zakat Center yaitu masyarakat datang mengajukan permohonan bantuan, lalu amilin akan survai lokasi, manager bermusyawarah, Direktur eksekutif membahas pengajuan dana, jika diterima akan dihunubungi. 2) masyarakat lebih merasa diawasi, dibina, diberikan ilmu-ilmu mengenai pengelolaan usaha mereka, yang tentunya tetap beroriantasi kepada syariat-syariat Islam. Staf P2D berperan sebagai pendamping dan penyiar nilai-nilai dakwah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah, Penyaluran, Zakat |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 12 May 2023 07:28 |
Last Modified: | 12 May 2023 07:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10269 |
Actions (login required)
View Item |