Desi Elizanti, (2012) PENERAPAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MOODLE DI JURUSAN TADRIS MATEMATIKA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350097_DESI ELIZANTI__ok.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Desi Elizanti. NIM 58450980. PENERAPAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MOODLE DI JURUSAN TADRIS MATEMATIKA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Sebagai usaha meningkatkan kompetensi profesional, seorang guru atau pendidik dituntut mampu menyusun bahan ajar yang inovatif. Seperti mengembangkan bahan ajar yang ditampilkan dalam media audio visual melalui jaringan internet belum banyak yang mencoba mengembangkannya. Oleh karena itu sektor pendidikan kita harus mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan sistem pendidikan berbasis media elektronik atau dikenal dengan e-Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis web menggunakan moodle pada mata kuliah teori bilangan pokok bahasan induksi matematika, mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis web menggunakan moodle, dan membandingkan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Salah satu bentuk e-learning yang dapat digunakan dalam pengembangan bahan ajar berbasis web yaitu web centric course, dimana hanya sebagian bahan belajar, diskusi, penugasan, dan latihan disampaikan melalui internet. Dengan sifat bahan ajar yang online maka siswa dapat belajar mandiri, dan kegiatan pembelajaran lebih menarik, sehingga hasil belajar peserta didik akan lebih meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 2 Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang terdiri dari 121 mahasiswa. Dalam penelitian ini dipilih dua kelas yaitu kelas A yang berjumlah 42 mahasiswa sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan bahan ajar berbasis web menggunakan moodle dan kelas B yang berjumlah 39 mahasiswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar berbasis web menggunakan moodle. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Data yang diperoleh kemudian dicari n-gain nya baru dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) pengembangan bahan ajar berbasis web menggunakan moodle telah menghasilkan bahan ajar yang dapat diakses secara online dengan alamat desimatematika.com untuk materi induksi matematika. 2) Dari hasil analisis menggunkan uji Independent T-Test atau uji t-2 sampel saling bebas diperoleh t hitungny 3, 069. Dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 59 diperoleh harga ttabel =2,001. Ini berarti bahwa thitung > ttabel (3,069 > 2, 001). Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak, artinya rata-rata peningkatan hasil belajar matematika di kelas yang menggunakan bahan ajar berbasis web menggunakan moodle lebih tinggi daripada kelas yang tidak menggunakan bahan ajar berbasis web menggunakan moodle. 3) respon mahasiswa terhadap penggunakan bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik dengan presentase 72,67%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 02:17 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 03:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1027 |
Actions (login required)
View Item |