IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGGUNAAN ALOKASI DANA DESA (STUDI KASUS DESA KENDAYAKAN KECAMATAN TERISI KABUPATEN INDRAMAYU)

CAHAYA, (2023) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGGUNAAN ALOKASI DANA DESA (STUDI KASUS DESA KENDAYAKAN KECAMATAN TERISI KABUPATEN INDRAMAYU). Bachelor thesis, S1 Akuntansi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908205039_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205039_2_bab1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205039_6_bab5.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205039_7_dafpus.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

CAHAYA. NIM: 1908205039, “IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGGUNAAN ALOKASI DANA DESA (STUDI KASUS DESA KENDAYAKAN KECAMATAN TERISI KABUPATEN INDRAMAYU), 2023. Akuntansi pemerintah tidak hanya diterapkan di sektor pemerintahan pusat, namun juga ditingkat daerah sampai dengan di wilayah desa, yang semuanya membutuhkan suatu pertanggungjawaban disetiap anggaran dan kegiatan yang dilaksanakan. Terkait pembuatan laporan pertanggungjawaban yang masih belum memahami sistem informasi akuntansi secara benar, khususnya untuk sektor daerah. Pentingnya setiap daerah mengetahui sistem infomasi akuntansi agar dapat dipertanggungjawabkan pada perolehan hasil aktivitas dalam mengelola dana desa yang dilalukan. Diharapkan memiliki pengaruh yang besar terhadap masyarakat desa terkait dengan sistem informasi akuntansi untuk berupaya mewujudkan Alokasi dana desa yang transparan dan akuntabilitas. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif, artinya penelitian yang menggambarkan pemerintahan desa Kendayakan. Sumber data yang didapat dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data penelitian yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Sementara dalam menemukan analisis data yang digunakan dengan triangulasi dan sosial situasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi desa Kendayakan sudah melakukan pencatatan digital menggunakan aplikasi berbasis online yang bernama Siskeudes dari mulai perencanaan, realisasi serta laporan pertanggungjawaban semuanya sudah dicatat melalui aplikasi siskeudes. Bentuk transparansi dan akuntabilitas pemerintah desa Kendayakan berupaya memberikan keterbukaan dalam alokasi dana desa dengan memasang benner besar didepan kantor pemerintahan dan membuat akun sosial media dan bertanggungjawab atas semua laporan keuangan desa melalui laporan realisasi APBDes. Kata kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Transparansi, Akuntabilitas

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 May 2023 08:33
Last Modified: 12 May 2023 08:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10282

Actions (login required)

View Item View Item