Implementasi Pesan Dakwah Sunan Gunung Jati :Ingsun Titip Tajug Lan Fakir Miskin" Oleh Masyarakat Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon

Abdullah Salim, (2023) Implementasi Pesan Dakwah Sunan Gunung Jati :Ingsun Titip Tajug Lan Fakir Miskin" Oleh Masyarakat Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1608302070_1_cover.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608302070_2_bab1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608302070_6_bab5.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608302070_7_dafpus.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Pesan “Ingsun Titip Tajug Lan Fakir Miskin” adalah kalimat atau ungkapan tentang nilai moral keislaman dan sosial yang diwasiatkan Sunan Gunung Jati. Ingsun Titip Tajug Lan Fakir Miskin” sendiri merupakan ajaran mulia yang ada pada islam, banyak terdapat dalam Al-Qur‟an dan Hadits yang menjelaskan tentang memakmurkan Masjid dan memuliakan Fakir Miskin. Anggapan kalimat tersebut sebagai wasiat, seharusnya menjadi tanggung jawab tersendiri bagi orang-orang islam secara umum dan masyarakat cirebon secara khusus, karena hukum pelaksanaan wasiat adalah wajib. Adapun rumusan masalahnya yaitu sebagai berikut: 1) Bagaimana Pemahaman Masyarakat Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon tentang Pesan Dakwah Sunan Gunung Jati “Ingsun titip Tajug lan Fakir Miskin? ; 2) Bagaimana implementasi masyarakat Desa Astana Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon tentang pesan dakwah Sunan Gunung Jati? Penelitian Ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana pemahaman Masyarakat Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon tentang Pesan Dakwah Sunan Gunung Jati “Ingsun titip Tajug lan Fakir Miskin”, Dan 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Masyarakat Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon tentang Wasiat Sunan Gunung jati. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat field research dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer diperoleh melalui buku sejarah tentang sunan Gunung Jati. Sedangkan sumber data sekunder yang diperoleh melalui buku atau karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian ini. Tehnik pengumpulan data ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Masyarakat di desa Astana telah menerapkan pesan dakwah Sunan Gunung Jati “Ingsun titip tajug dan fakir miskin” baik berupa menjadikan masjid sebagai tempat ibadah, tempat belajar agama, tempat kegiatan sosial. Dan Pesan dakwah tersebut berpengaruh kepada kesadaran masyarakat, baik itu berpengaruh baik dan buruk. Pengaruh baiknya adalah masyarakat lebih sadar lagi akan pentingnya ibadah serta masjid menjadi tempat anak-anak dapat belajar dan bermain. Namun pengaruh buruk dari pesan tersebut adalah beberapa orang memafaatkan pesan tersebut untuk meminta-minta belas kasih orang lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Sunan Gunung Jati
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 May 2023 08:39
Last Modified: 12 May 2023 08:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10283

Actions (login required)

View Item View Item