NUR CHASANAH, (2012) PENINGKATAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PLERED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350099_Nur Chasanah__ok.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
NUR CHASANAH: Peningkatan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pokok Bahasan Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Plered Kabupaten Cirebon Pada proses pembelajaran matematika, kemampuan penalaran sangat dibutuhkan untuk memecahkan soal matematika yang membutuhkan pemikiran yang dalam. Seorang siswa yang mempunyai kemampuan penalaran tidak hanya mampu memecahkan masalah-masalah non rutin, tetapi juga mampu melihat berbagai alternatif dari pemecahan masalah tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu menggunakan pendekatan konstruktivisme, Konstruktivisme merupakan suatu rujukan belajar yang memandang bahwa pengetahuan itu harus dibangun oleh pembelajar sendiri. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan penalaran matematika sebelum diterapkannya pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Plered. (2) Mengetahui kemampuan penalaran matematika sesudah diterapkannya pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Plered. (3) Mengetahui terdapat peningkatan atau tidak kemampuan penalaran matematika setelah diterapkannya pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Plered. Dengan pendekatan konstruktivisme merupakan salah satu cara untuk membantu proses belajar siswa. Selain itu, dengan pendekatan konstruktivisme membuat siswa untuk berpikir kreatif, memberi pengalaman yang baru. Sehingga dengan karakteristik tersebut dapat mengarahkan terhadap pengembangan kemampuan penalaran matematika siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Plered Kabupaten Cirebon. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yang kemudian diperoleh kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata data pretes kelas ekperimen 15,3 dan rata-rata postes kelas eksperimen 20,57. Sehingga untuk data pretes kelas kontrol diperoleh dengan rata-rata 13,89 dan rata-rata postes kelas kontrol adalah 14,7. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh bahwa ada peningkatan matematika melalui pendekatan konstruktivisme pada pokok bahasan bangun datar dengan melihat dari selisih nilai rata-rata kelas ekperimen sebesar 5,13 atau 18,32%. Sedangkan peningkatan penalaran matematika untuk kelas kontrol sebesar 0,18 atau 2,89%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan penalaran matematika.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 02:27 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 07:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1029 |
Actions (login required)
View Item |