Komunikasi Interpersonal Antara Ustadz Dengan Santri Dalam Menanamkan Sikap Disiplin Di Pondok Al-Firdaus Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon

Nurfadillah, (2023) Komunikasi Interpersonal Antara Ustadz Dengan Santri Dalam Menanamkan Sikap Disiplin Di Pondok Al-Firdaus Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1708302113_1_cover.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708302113_2_bab1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708302113_6_bab5.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708302113_7_dafpus.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya membangun komunikasi interpersonal antara ustadz dengan santri dalam menanamkan sikap disiplin di Pondok Al-Firdaus Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon. Bahwa sebagian dari santri di pondok pesantren kurang disiplin, sehingga mesti ada komunikasi yang dilakukan agar kedisiplinan bisa ditegakan dengan baik di pondok Al-Firdaus buntet pesantren kabupaten Cirebon. Pertanyaan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses pelaksanaan komunikasi interpersonal ustadz dalam menanamkan sikap disiplin di pondok Al-Firdaus Buntet pesantren? (2) Bagaimana sikap disiplin santriwati yang terbentuk melalui proses komunikasi interpersonal ustadz dengan santri tersebut? (3) Bagaimana cara ustadz dalam menanamkan sikap disiplin pada santriwati di pondok Al-Firdaus Buntet pesantren? Penelitian ini memiliki tujuan antara lain untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal ustadz dalam menanamkan sikap disiplin, sikap disiplin yang terbentuk dan cara ustadz dalam menanamkan sikap disiplin pada santri. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian menggunakan study kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam (deep interview), observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah suber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyaian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: (1) Proses pelaksaan komunikasi interpersonal dalam penenaman sikap disiplin di lakukan oleh ustadz dan pengurus dalam bentuk wawancara, konseling, dialog dan shering (2) sikap disiplin yang terbentuk melalui komunikasi interpersonal antara untadz dengan santri diantaranya yaitu sisiplin waktu, disiplin peraturan, dan disiplin beribadah (3) cara ustadz dalam menanamkan sikap disiplin yaitu dengan cara menegakan peraturan, hukuman, penghargaan, dan konsistensi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, ustadz, santri, disiplin
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 May 2023 07:45
Last Modified: 15 May 2023 07:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10298

Actions (login required)

View Item View Item