Pola Komunikasi Guru Agama Dalam Pembinaan Akhlak Pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Losarang Indramayu

Sunidah, (2023) Pola Komunikasi Guru Agama Dalam Pembinaan Akhlak Pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Losarang Indramayu. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1808302025_1_cover.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808302025_2_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808302025_6_bab5.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808302025_7_dafpus.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, pola komunikasi guru agama yang digunakan dalam membina Akhlak siswa SMAN 1 Losarang. Membina Akhlak siswa merupakan hal yang wajib yang harus dikedepankan oleh SMAN 1 Losarang yang diperankan oleh guru agama sebagai seorang Da’i yang menyampaikan ajaran Islam. rumusan masalah yang digunakan yakni pertama, bagaimana pola komunikasi guru agama dalam pembinaan akhlak terhadap siswa kelas XII SMAN 1 Losarang? Yang kedua, bagaimana faktor hambatan dan solusi mengenai pembinaan akhlak pada siswa kelas XII SMAN 1 Losarang? yang ketiga, bagaimana hasil dari pembinaan akhlak terhadap perubahan sikap pada siswa kelas XII SMAN 1 Losarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi guru agama dalam pembinaan akhlak pada siswa kelas XII SMAN 1 Losarang Indramayu. Serta mengetahui bagaimana faktor hambatan dan solusi mengenai pembinaan akhlak terhadap siswa kelas XII SMAN 1 Losarang Indramayu. Dan juga mengetahui bagaimana hasil dari pembinaan akhlak terhadap perubahan sikap siswa kelas XII SMAN 1 Losarang setelah mendapatkan pembinaan akhlak tersebut. Dalam penelitian ini metodologi penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan ialh dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: proses pola komunikasi yang digunakan yaitu Pola Komunikasi Satu Arah, Pola Komunikasi Dua Arah, dan Pola Komunikasi Banyak Arah, hambatan-hambatan yang terjadi yaitu kurangnya kedisiplinan, kurangnya sopan santun tata krama dan kurang nya perhatian dari para orang tua. Hasil dari pembinaan perubahan sikap pada siswa kelas XII SMAN 1 Losarang yaitu sikap taqwa, sikap tanggung jawab dan sikap sopan santun.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Pembinaan Akhlak, Guru Agama, Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 May 2023 07:51
Last Modified: 15 May 2023 07:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10299

Actions (login required)

View Item View Item