Strategi Dakwah Bil Hal Pondok Pesantren Baitul Amanah Dalam Membentuk Karakter Sosial Santri Santri Di Desa Kendal Kecamatan Astanajapura Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon

Faturokhman, (2023) Strategi Dakwah Bil Hal Pondok Pesantren Baitul Amanah Dalam Membentuk Karakter Sosial Santri Santri Di Desa Kendal Kecamatan Astanajapura Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1808302036_1_cover.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808302036_2_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808302036_6_bab5.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808302036_7_dafpus.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Pesantren adalah bagian dari infrastruktur masyarakat yang berpengaruh besar telah berperan menyadarkan komunitas masyarakat untuk memiliki idealisme, kemampuan intelektual dan perilaku mulia guna menata dan membangun karakter masyarakat yang paripurna. Hal ini lah yang menjadikan peneliti tertarik untuk mengkaji dakwah di pondok pesantren dalam membentuk karakter sosial santri. Berdasarkan latarbelakang tersebut, pertanyaan penelitiannya adalah (1) Bagaimana strategi dakwah bil hal pondok pesantren Baitul Amanah dalam membentuk karakter soasial santri? (2) Bagaimana pondok pesantren memaksimalkan faktor pendukung dalam membentuk karakter sosial santri? (3) Bagaimana pondok pesantren meminimalisir faktor penghambat dalam membentuk karakter sosial santri? (4) Bagaimana pembentukan karakter sosial santri yang dihasilkan dari penerapan strategi dakwah bil hal? Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui strategi dakwah bil hal pondok pesantren Baitul Amanah dalam membentuk karakter sosial santri. (2) Mengetahui langkah yang dilakukan pondok pesantren dalam memaksimalkan faktor pendukung untuk membentuk karakter sosial santri. (3) Mengetahui langkah pondok pesantren dalam meminimalisir faktor penghambat dalam pembentukan karakter sosial santri. (4) Mengetahui hasil dari penerapan strategi dakwah bil hal di pondok pesantren Baitul Amanah dalam membentuk karakter sosial santri. Dalam penelitian ini metodologi penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah studi kasus Cresswel. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan skunder. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, terdapat kesimpulan (1) penerapan strategi dakwah dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. (2) faktor pendukungnya adalah sudah adanya kesadaran dalam diri santri (intern), adanya bantuan dana, SDM yang memenuhi, dan antusiasme masyarakat (extern) (3) faktor penghambat diantaranya inisiatif santri yang masih rendah (intern), dan sulitnya membagi waktu (extern). (4) Hasil penerapan strategi dakwah bil hal dalam membentuk karakter sosial santri di pondok pesantren Baitul Amanah dikatakan berhasil dilihat dari para santrinya yang memiliki sifat kepedulian, kepekaan, kerjasama, dan gotong-royong.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Dakwah Bil Hal, Karakter Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 May 2023 07:55
Last Modified: 15 May 2023 07:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10300

Actions (login required)

View Item View Item