Pola Komunikasi Interpersonal Kyai dan Santri Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Di Pondok Pesantren Pagelaran 3 Subang

Mohammad Rezza, (2023) Pola Komunikasi Interpersonal Kyai dan Santri Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Di Pondok Pesantren Pagelaran 3 Subang. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1808302080_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808302080_2_bab1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808302080_6_bab5.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808302080_7_dafpus.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan pertukaran informasi, ide, pendapat dan perasaan yang berkaitan dengan peristiwa pribadi, organisasi, keluarga, sosial, nasional dan internasional. Komunikasi interpersonal yang baik menjadi momok penting yang harus dilakukan antara Santri dan kyai hal ini dikarenakan untuk menempatkan diri dan memposisikan diri antara Santri dan kyai. Berdasarkan latar belakang tersebut pertanyaan penelitiannya adalah (1) Bagaimana Pola komunikasi interpersonal kyai dalam meningkatkan Ahlakul Karimah terhadap Santri di pondok pesantren Pagelaran 3 Subang? (2)Bagaimana Peningkatan Ahlakul Karimah Santri yang di lakukan oleh kyai di pondok pesantren Pagelaran 3 Subang? Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui Pola komunikasi interpersonal kyai dalam meningkatkan Ahlakul Karimah terhadap Santri di pondok pesantren Pagelaran 3 Subang (2) Mengetahui Peningkatan Ahlakul Karimah Santri yang di lakukan oleh kyai di pondok pesantren Pagelaran 3 Subang? Metodologi dalam penelitian ini mengunakan Kualitatif dengan mengunakan pendekatan yaitu study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik analisis data menurut Cresswell. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh peneliti secara langsung dari sumbernya. Pada penelitian ini, data primer diperoleh langsung dari obyek penelitian diantara Kyai dan Santri di pondok pesantren pagelaran 3 Subang. Data sekunder adalah data yang diperoleh untuk mendukung data primer. Data sekunder berupa dokumen yang bersumber dari buku-buku, hasil penelitian, jurnal, media cetak dan dokumen-dokumen lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini yang diperoleh dengan cara penelusuran arsip dan berbagai perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, terdapat kesimpulan (1) Pola komunikasi interpersonal kyai dan Santri di pondok pesantren pagelaran 3 ini terjadi yaitu pengajian sorogan, pembinaan santri dan konsultasi pengurus kepada Kyai. (2) Peningkatan ahlakul karimah santri yang sangat signifinak terjadi di pondok pesantren pagelaran 3 subang ini yaitu Kedisiplinan, Sopan Santun, dan jujur.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Kyai, Santri, Ahlakul Karimah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 May 2023 08:05
Last Modified: 15 May 2023 08:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10302

Actions (login required)

View Item View Item