Komunikasi Interpersonal Asatidz Dengan Santri Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Metode Qiro'ati Di TPQ Al-Khairaat Kabupaten Cirebon (Dalam Tinjauan Komunikasi Islam)

Najwa Azzahra, (2023) Komunikasi Interpersonal Asatidz Dengan Santri Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Metode Qiro'ati Di TPQ Al-Khairaat Kabupaten Cirebon (Dalam Tinjauan Komunikasi Islam). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1908302096_1_cover.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302096_2_bab1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302096_6_bab5.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908302096_7_dafpus.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Di dalam hidup ini, kita semua tak pernah terlepas dengan berkomunikasi baik itu komunikasi dengan kolompok, individu atau diri sendiri. Salah satu komunikasi yang berlangsung antara santri dan asatidz adalah komunikasi interpersonal, yang dimana santri dan asatidz harus mampu saling berkomunikasi dalam keadaan baik atau kurang baik demi keberlangsungan pembelajaran yang efektif. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka pertanyaan penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana proses komunikasi interpersonal asatidz dengan santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an? (2) Bagaimana asatidz mengatasi hambatan dalam proses komunikasi interpersonal pada asatidz dengan santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an metode qiro’ati? (3) Bagaimana asatidz memanfaatkan faktor-faktor pendukung komunikasi interpersonal pada santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an metode qiro’ati? (4) Bagaimana efek komunikasi interpersonal pada asatidz dengan santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an metode qiro’ati? Tujuan dari penelitian ini (1) Mengetahui proses komunikasi interpersonal asatidz dengan santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an (2) Mengetahui asatidz mengatasi hambatan dalam proses komunikasi interpersonal pada asatidz dengan santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an metode qiro’ati? (3) Mengetahui asatidz memanfaatkan faktor-faktor pendukung komunikasi interpersonal pada santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an metode qiro’ati (4) Mengetahui efek komunikasi interpersonal pada asatidz dengan santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an metode qiro’ati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus, sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses komunikasi interpersonal yang terjadi antara asatidz dan santri di TPQ Al-khairaat yaitu berbentuk talaqqi atau musyafahah (2) beberapa hambatan yang dimiliki asatidz ketika melakukan komunikasi interpersonal dengan santrinya yaitu : adanya santri yang menganggu santri lain ketika sedang mengaji yang menyebabkan konsentrasi berantakan (3) Asatidz memanfaatkan factor pendukung untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an metode qiro’ati di TPQ Al-Khairaat (4) Komunikasi interpersonal mempengaruhi dengan baik atas perkembangan santri di TPQ Al-Khairaat saat mengaji.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Asatidz, Santri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 00:51
Last Modified: 16 May 2023 00:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10312

Actions (login required)

View Item View Item