Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Organik Melalui Bank Sampah CBO (Community Based Organization) Di Desa Tinumpuk Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu

Iis Istiyani, (2023) Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Organik Melalui Bank Sampah CBO (Community Based Organization) Di Desa Tinumpuk Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1808305102_1_cover.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305102_2_bab1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305102_6_bab5.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305102_7_dafpus.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan. Dengan adanya program pengelolaan daur ulang sampah ini menjadikan lingkungan menjadi lebih terarahkan atau terkelola dari segi sampah-sampah yang berserakan atau yang tidak terurus di TPA. Bank sampah ini juga sudah menjadi solusi dalam pengelolaan daur ulang sampah yang menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi. Skripsi ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran masyarakat dalam pengelolaan sampah organik melalui Bank sampah CBO (2) untuk mengetahui proses dalam pengelolaan sampah organik melalui Bank sampah CBO. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif deskriptif, metode ini akan mencoba menjelaskan dan menjabarkan peran masyarakat dalam pengelolaan sampah dan proses pengelolaan sampah di Bank sampah CBO Desa Tinumpuk, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Objek dalam penelitian ini adalah pengurus Bank sampah itu sendiri di antaranya Direktur utama, maneger administrasi. Direktur daur ulang sampah. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah, pemaparan data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dan diperoleh bahwa untuk mengatasi lingkungan yang sangat luas ini permasalahanya, perlu adanya pengelolaan sampah agar bisa daur ulang kembali, yang mana sudah di lakukan oleh Desa Tinumpuk, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Masyarakat sekitar memiliki rasa antusias yang tinggi dalam program pengelolaan daur ulang sampah ini (1) Dari pengelolaan daur ulang sampah adanya masyarakat yang berperan dalam pelaksanaan pengelolaan sampah organik ini sehingga masyarakat sangat bermanfaat bagi bank sampah. Adapun perannya yaitu pelaksanaan pengelolaan sampah, menghasilkan ekonomi masyarakat, membantu memecahkan masalah. (2) Kemudian dalam proses pelaksanaan daur ulang sampah yaitu meliputi beberapa tahapan diantaranya persiapan, pelaksanaan daur ulang sampah, dan penjualan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Peran Masyarakat, Pengelolaan Sampah
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 01:00
Last Modified: 16 May 2023 01:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10314

Actions (login required)

View Item View Item