SSUCIA PRIHATININGRUM, (2012) PENGARUH METODE PENGAJARAN APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENGERJAKAN SOAL STATISTIKA Studi Eksperimen Di Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sindang Kabupaten Indramayu. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350102_Suci PRIHATININGRUM__ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
SUCIA PRIHATININGRUM : “Pengaruh Metode Pengajaran Applied Behavior Analysis terhadap Kemampuan Siswa Mengerjakan Soal Statistika Studi Eksperimen di Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sindang Kabupaten Indramayu” Matematika merupakan sarana untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Kesulitan – kesulitan dalam pelajaran matematika sering terjadi pada semua tingkatan usia. Kesulitan-kesulitan tersebut dapat dinetralisir dengan adanya pembelajaran dengan metode pengajaran yang berbeda dan memperbanyak pelatihan soal dapat meningkatkan kemampuan diri peserta didik dalam memecahkan permasalahan dalam matematika. Salah satu metode pengajaran yang mampu memicu siswa untuk aktif dan membuat pokok bahasan statistika menjadi sesuatu yang menantang serta mengesankan adalah metode pengajaran Applied Behavior Analysis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar respon siswa terhadap metode pengajaran Applied Behavior Analysis. Mengetahui seberapa besar hasil kemampuan siswa mengerjakan soal statistika. Mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pengajaran Applied Behavior Analysis terhadap kemampuan siswa mengerjakan soal statistika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan tiga tingkatan dalam proses pengajarannya. Tingkat pertama pemberian kertas kerja, tingkat kedua mempelajari dan meneliti respon, tingkat ketiga menindaklanjuti hasil asesmen yang ada pada tingkat kedua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sindang Kabupaten Indramayu tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 66 siswa dengan sampel sebanyak 36 siswa dari kelas XI TKJ-1 yang diambil secara Sampling Cluster. Variabel dalam penelitian ini yaitu metode pengajaran Applied Behavior Analysis dan kemampuan siswa mengerjakan soal statistika. Data hasil angket sebagai variabel X dan data hasil tes sebagai variabel Y. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, liniearitas, analisis regresi, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil angket metode pengajaran Applied Behavior Analysis sebesar 69,33 sedangkan nilai rata-rata hasil kemampuan siswa mengerjakan soal statistika sebesar 71,22. Uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05, diperoleh pengaruh penggunaan metode pengajaran Applied Behavior Analysis terhadap kemampuan siswa mengerjakan soal statistika sebesar 86,7%. Nilai uji hipotesis statistik diperoleh nilai thitung adalah 14,902 dan t(34;0,05) adalah 2,032. Karena t > t (db,α) (14,902 > 2,032) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh positif pada penerapan metode pengajaran Applied Behavior Analysis terhadap kemampuan siswa mengerjakan soal statistika dengan persamaan regresi Ŷ= 0,772X. Dimana jika X meningkat satu satuan, maka nilai Y ikut meningkat menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 02:41 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1032 |
Actions (login required)
View Item |