Kontribusi Home Industri "Roti Anget" Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Desa Kemlakagede Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon

Lisfa Afiffany S., (2023) Kontribusi Home Industri "Roti Anget" Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Desa Kemlakagede Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1808305034_1_cover.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305034_2_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305034_6_bab5.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305034_7_dafpus.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Home industri merupakan salah satu langkah yang baik, agar taraf hidup masyarakat mengalami peningkatan dan mampu mensejahterakan masyarakat. Oleh karena itu, home industri ini bisa sedikit mengurangi angka pengangguran karena ini menciptakan banyak lapangan pekerjaan yang akan menguntungkan ekonomi lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi Home Industri Roti Anget dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Kemlakagede, Kec. Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Untuk mengetahui dampak Home Industri Roti Anget terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Kemlakagede, Kec. Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat home industri tersebut. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara serta studi dokumentasi dengan hasil yang didapat melalui pengamatan langsung di lapangan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pertama, home industri bisa menciptakan lapangan pekerjaan, kedua membuat perekonomian keluarga menjadi tercukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari sehingga mampu memiliki tabungan keluarga serta memenuhi kebutuhan hidup, ketiga mengurangi angka pengangguran. Adapun faktor pendukung home industri ini yaitu visi, misi dan tujuan yang sejalan, komitmen untuk memberikan jaminan kerja, memiliki koperasi simpan pinjam perusahaan, memberikan fasilitas kerja, serta adanya kemajuan teknologi. Selain itu juga ada faktor penghambat home industri ini yaitu persaingan pasar, faktor cuaca, dan kendaraan yang kurang memadai.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Home industri, Peningkatan ekonomi masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 01:33
Last Modified: 16 May 2023 01:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10320

Actions (login required)

View Item View Item