Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Limbah Handphone Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Pabuaran (Studi Kasus di Calus Lebur Desa Pabuaran Wetan Kecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon)

Casgoni, (2023) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Limbah Handphone Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Pabuaran (Studi Kasus di Calus Lebur Desa Pabuaran Wetan Kecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1708305044_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708305044_2_bab1.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708305044_6_bab5.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708305044_7_dafpus.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan masayarakat melalui pengolahan limbah handphone (HP) merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Limbah HP yang biasanya dibuang, sebenarnya bisa dimanfaatkan dengan cara didaur ulang menjadi benda yang mempunyai nilai jual. Bagian-bagian Limbah HP tidak semuanya menjadi benda yang tidak ada manfaatnya, ada beberapa bagian yang bisa diambil kemudian dipilah dan dapat dimanfaatkan kembali menjadi benda-benda yang berharga atau logam mulia. Dalam peneliti ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu : (1) Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan limbah handphone di Desa Pabuaran Wetan Kecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon? (2) Apakah hasil pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan limbah handphone mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Pabuaran Wetan Kecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon? Tujuan peneliti ini untuk mengetahui Untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan limbah HP dan Untuk mengetahui hasil pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan limbah HP mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di desa Pabuaran Wetan Kecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon. Peneliti ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi, dan kesimpulan akhir. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengolahan limbah HP dapat mendobrak perekonomian masyarakat Pabuaran Wetan dan dapat meningkatkan skill kemampuan individu masyarakat yang didukung dengan keberadaan Calus Lebur (CSL). CSL hadir dengan menawarkan peluang atau lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar yang masih belum memiliki pekerjaan. Mengingat CSL dapat dikatakan sebagai usaha yang muncul di tengah masyarakat pedesaan sehingga kalangan masyarakat dari usia dewasa sampai usia tua dapat dipekerjakan. Hal ini membuktikan bahwa keberadaan CSL dapat membantu perekonomian masyarakat menengah ke bawah, sehingga dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Mengingat pihak pemilik usaha lebih mengedepankan masyarakat sekitar dibandingkan masyarakat lain untuk dijadikan karyawan atau pekerja di CSL.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Limbah Handphone, Desa Pabuaran Wetan
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 06:59
Last Modified: 16 May 2023 06:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10323

Actions (login required)

View Item View Item