Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry Penyulingan Daun Cengkeh Desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan

Syifa Nur Alif'fah, (2023) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry Penyulingan Daun Cengkeh Desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1808305116_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305116_2_bab1.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305116_6_bab5.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305116_7_dafpus.pdf

Download (805kB) | Preview

Abstract

Home industry penyulingan daun cengkeh ini mampu memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat seperti pelayanan ekonomi secara menyeluruh bagi masyarakat di sekitarnya. Dan diharapkan mampu berperan penting dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat, mengurangi jumlah pegangguran sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Desa Sindangjawa merupakan penghasil minyak cengkeh (minyak atsiri), yaitu minyak dari hasil penyulingan daun cengkeh. Potensi menghasilkan minyak cengkeh pada Desa Sindangjawa cukup tinggi dengan adanya area luas perkebunan cengkeh, namun daun cengkeh yang gugur belum sepenuhnya dimanfaatkan sebagai bahan baku utama untuk pembuatan minyak cengkeh. Alhasil, produksi minyak daun cengkeh pada usaha penyulingan tersebut masih sangat rendah dan belum mampu memenuhi seluruh permintaan industri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses, strategi, dan dampak pemberdayaan ekonomi melalui home industry penyulingan daun cengkeh di Desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede KabupatenKuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan informan purposive sampling. Adapun hasil dari penelitian ini adalah proses pemberdayaan ini ada beberapa tahapan yang dilakukan pemilik penyulingan diantaranya memberikan pemahaman manfaat daun cengkeh, memberikan pelatihan penyulingan daun cengkeh, meningkatkan taraf hidup masyarakat. Strategi yang dilakukan oleh pemilik home industry penyulingan daun cengkeh yaitu adanya asset produksi dan adanya kerjasama dalam penjualan. Pemberdayaan ini memiliki beberapa dampak positif diantaranya yaitu terpenuhinya kebutuhan, meningkatkan pendapatan dankemandirian kelompok.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi, home industry, penyulingan daun cengkeh
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 07:03
Last Modified: 16 May 2023 07:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10324

Actions (login required)

View Item View Item