Kesejahteraan Keluarga Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik di Desa Kalitengah Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon

Khafida Amalia, (2023) Kesejahteraan Keluarga Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik di Desa Kalitengah Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1808305047_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305047_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305047_6_bab5.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305047_7_dafpus.pdf

Download (776kB) | Preview

Abstract

Batik merupakan karya seni lokal berbentuk lukisan kain, Kerajinan Batik Cirebon menjadi peluang usaha untuk dikembangkan, Usaha mikro Kecil menengah ialah salah satu jenis usaha yang banyak dikembangkan dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian masyarakat. Berdasarkan latar belakang masalah maka pertanyaan yang diajukan oleh peneliti yaitu: (1) Bagaimana Proses pengelolaan Umkm Batik di desa kalitengah Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon? (2) Bagaimana Kondisi Kesejahteraan Pelaku UMKM Batik di Desa kalitengah Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dengan pemerintah setempat dan pelaku usaha, dan dokumentasi. menggunakan teknik sampling snowball, yaitu teknik sampling yang mengambil sampel dalam suatu jaringan atau rantai hubungan yang menerus, untuk sifat penelitiannya, yaitu menggunakan penelitian kualitatif naratif. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses pengelolaan kegiatan usaha mikro kecil menengah yang sudah cukup berkembang. Pengelolaan UMKM batik yang pertama adalah persiapan modal usaha, kedua perencanaan, Perencanaan digunakan untuk mencapai suatu target dan tujuan yang ditentukan. ketiga Aspek pelaksanaan meliputi mekanisme produksi, pengembangan produk, pemasaran batik. (2) Kondisi Kesejahteraan Keluarga Pelaku usaha di Desa Kalitengah Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon ini bisa dikata kan cukup baik dilihat dari beberapa aspek, (a) Pendapatan Usaha batik ini memberikan kesejahteraan keluarga seperti meningkatkan taraf hidup. (b) Pendidikan pelaku usaha UMKM di Desa Kalitengah masih tergolong minim, mereka rata-rata hanya lulusan SD, namun dari Usaha batik ini mereka mampu menyekolahkan anak-anak ke sekolah yang lebih tinggi. (c) Dari aspek kesehatan, keluarga pelaku UMKM sudah terbilang cukup baik, banyak dari mereka yang menggunakan asuransi atau Bpjs Kesehatan. (d) Kondisi rumah, Kelayakan hunian yang semakin membaik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Batik, UMKM, Kesejahteraan
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 07:23
Last Modified: 16 May 2023 07:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10328

Actions (login required)

View Item View Item