Peran Pekerja Perempuan Dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Home Industry Kerajinan Gerabah Di Blok Posong Kulon Desa Arjawinangun Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon

Nur Khofifah, (2023) Peran Pekerja Perempuan Dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Home Industry Kerajinan Gerabah Di Blok Posong Kulon Desa Arjawinangun Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1808305043_1_cover.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305043_2_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305043_6_bab5.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305043_7_dafpus.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Home industry kerajinan gerabah merupakan industri rumahan yang berbahan dasar tanah liat, kemudian diolah dan dijadikan sebuah kerajinan. Blok Posong Kulon merupakan sentra kerajinan gerabah yang cukup terkenal di Kabupaten Cirebon. Proses pembuatan kerajinan yang melibatkan para perempuan. Kondisi ekonomi yang mendorong para perempuan akhirnya turut serta dalam proses pembuatan kerajinan gerabah. Peran pekerja perempuan yang akhirnya bisa memiliki ketrampilan dan mampu meningkatkan taraf hidupnya. Berdasarkan latar belakang masalah, maka pertanyaan yang diajukan oleh peneliti yaitu: (1) Bagaimana karakteristik pekerja perempuan pada home industry kerajinan gerabah di Blok Posong Kulon Desa Arjawinangun Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon (2) Bagaimana peran pekerja perempuan pada home industry kerajinan gerabah di Blok Posong Kulon Desa Arjawinangun Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon (3) Bagaimana kondisi ekonomi keluarga setelah adanya home industry kerajinan gerabah di Blok Posong Kulon Desa Arjawinangun Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Yaitu penelitian dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk sifat penelitiannya, yaitu menggunakan penelitian kualitatif naratif dengan teknik pemilihan informan menggunakan purpose sampling. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) karakteristik pekerja perempuan pada home industry kerajinan gerabah dengan karakteristik (a) kemampuan (b) usia (c) tingkat pendidikan (d) status perkawinan (e) status migran, kelengkapan karakteristik tersebut yang mampu mendorong kelengkapan untuk perempuan Blok Posong Kulon mampu bekerja. (2) peran pekerja perempuan pada home industry kerajinan gerabah memiliki peran partisipatif dengan (a) memberikan ide dan motivasi dalam model dan bentuk kerajinan (b) memberikan ide dan motivasi dalam pemasaran kerajinan secara online. (3) kondisi ekonomi keluarga setelah adanya home industry Kerajinan Gerabah semakin meningkat, para pekerja perempuan mampu menambah penghasilan untuk keluarga nya dari bekerja pada home industry kerajinan gerabah tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran Pekerja Perempuan, ekonomi keluarga
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 07:39
Last Modified: 16 May 2023 07:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10330

Actions (login required)

View Item View Item