Studi Living Qur'an: Tradisi Pembacaan Ratis Al-'Attas Majelis Dzikir Al-Muniriyyah Di Kampung Rancabogo Desa Sukamulya Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang

Millati Husna, (2023) Studi Living Qur'an: Tradisi Pembacaan Ratis Al-'Attas Majelis Dzikir Al-Muniriyyah Di Kampung Rancabogo Desa Sukamulya Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 IAT.

[img]
Preview
Text
1808304065_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808304065_2_bab1.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808304065_6_bab5.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808304065_7_dafpus.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini mengungkapkan tentang Tradisi Pembacaan Ratib Al-'Attas di Majelis Dzikir Al-Muniriyyah Kampung Rancabogo, Desa Sukamulya, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang yang mana pembacaan ratib al-‘Attas ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali yaitu pada ahad keliwon, kemudian satu tahun sekali ketika Nisfu Sya’ban, da nada pengajian mingguan yaitu pada jumat pagi, malam ahad, dan ahad pagi. Kegiatan ini sudah berlangsung sekitar tahun 1980-an akan tetapi pada waktu itu belum terbentuk dalam kepengurusan Majelis Dzikir Al-Muniriyyah, dan pada tahun 2003 terbentuklah Majelis Dzikir Al-Muniriyyah ini. Praktik ini berdasarkan bagaimana al-Qur’an hidup ditengah-tengah masyarakat dan hidup didalamnya. Ratib al-‘Attas merupakan suatu kumpulan ayat-ayat al-Qur’an, dzikir, dan wirid baik berbentuk doa-doa, shalawat, ayat-ayat perlindungan, istigfar, tahlil dan tahmid. Metode yang penulis gunakan adalah Survei secara langsung ke lapangan dan wawancara dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengungkap resepsi eksegesis dan fungsional dari ratib al-‘Attas di Majelis Dzikir Al-Muniriyyah. Kemudian teknin pengumpulan data yang dilakukan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan penelitian ini penulis mencoba untuk mendeskripsikan Tradisi Pembacaan Ratib Al-‘Attas di Majelis Dzikir Al-Muniriyyah Kampung Rancabogo, Desa Sukamulya, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang. Dengan mengistiqomahkan bacaan dzikir ini dapat menjadikan kita hamba yang dekat dengan Allah SWT, dan dimudahkan segala persoalan dunia seperti, rezeki kesehatan, umur, menjauhkan dari segala mara bahaya, kedamaian hati, dll.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Living Qur’an, Ratib Al-‘Attas
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 May 2023 08:56
Last Modified: 16 May 2023 08:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10336

Actions (login required)

View Item View Item