Peran Home Industry Emping Suka Hati Terhadap Penciptaan Lapangan Pekerjaan dan Kesejahteraan Ekonomi Bagi Warga Desa Kalikoa

Sintia Aprilia, (2023) Peran Home Industry Emping Suka Hati Terhadap Penciptaan Lapangan Pekerjaan dan Kesejahteraan Ekonomi Bagi Warga Desa Kalikoa. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1908305024_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908305024_2_bab1.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908305024_6_bab5.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908305024_7_dafpus.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang masih sering terjadi di Desa Kalikoa adalah kurangnya lapangan pekerjaan. Lapangan pekerjaan yang kurang ini menyebabkan sebagian masyarakat Desa Kalikoa menganggur, oleh karenanya permasalahan ini membutuhkan solusi. Salah satu solusi yang dapat mengurangi pengangguran di Desa Kalikoa adalah Home Industry Emping Suka Hati. Dari permasalahan tersebut, peneliti tertarik meneliti lebih dalam terkait peran Home Industry Emping Suka Hati terhadap penciptaan lapangan pekerjaan dan tingkat kesejahteraan ekonomi di Desa Kalikoa . Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) peran Home Industry Emping Suka Hati terhadap penciptaan lapangan pekerjaan dan 2) tingkat kesejahteraan ekonomi bagi warga Desa Kalikoa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yakni snowball sampling dengan mencari data kepada satu informan yang paling mengetahui permasalahan di lapangan. Serta analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Kemudian setelah semua data terkumpul, selanjutnya adalah melakukan triangulasi dan penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Home Industry Emping Suka Hati terhadap penciptaan lapangan pekerjaan dan tingkat kesejahteraan ekonomi warga Desa Kalikoa mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan menambah pendapatan serta tingkat kesejahteraan ekonomi warga Desa Kalikoa dengan adanya Home Industry Emping Suka Hati menunjukkan sejahtera karena pendapatan yang diperoleh oleh karyawan sudah mampu memenuhi kebutuhan dapur, kebutuhan sekolah, arisan serta cicilan motor. Bukan hanya itu saja, kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder pun terpenuhi seperti selalu mendapat bonus uang, pakaian, makanan saat hari raya idul fitri dan mendapatkan liburan gratis yang diberikan oleh Home Industry Emping Suka Hati.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: peran, home industry, lapangan pekerjaan, kesejahteraan ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 May 2023 00:52
Last Modified: 17 May 2023 00:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10339

Actions (login required)

View Item View Item