PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA PERIMBANGAN DAN BELANJA DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI WILAYAH III CIREBON

ELIS NURHELIS, (2023) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA PERIMBANGAN DAN BELANJA DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI WILAYAH III CIREBON. Bachelor thesis, S1 Akuntansi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908205038_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205038_2_bab1.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205038_6_bab5.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205038_7_dafpus.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

ELIS NURHELIS. NIM:1908205038, “PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA PERIMBANGAN DAN BELANJA DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI WILAYAH III CIREBON”, 2023. Indeks Pembangunan Manusia digunakan untuk mengukur pencapaian hasil pembangunan suatu daerah untuk meningkatkan kinerja daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kinerja keuangan pemerintah daerah merupakan keberhasilan pemerintah daerah dalam mengelola daerahnya masing-masing berdasarkan potensi yang dimiliki oleh daerahnya. Rendahnya kemampuan pemerintah daerah dalam menghasilkan penerimaan daerahnya menyebabkan banyak pemerintah daerah kurang maksimal dalam mengelola Pendapatan Daerah yang dimilikinya dan mengalokasikan belanja daerahnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Belanja Daerah Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah dan Dampaknya Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Wilayah III Cirebon. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif, dengan melakukan analisis jalur atau path analysis. Subjek dalam penelitian ini yaitu pemerintah daerah Kabupaten/Kota di Wilayah III Cirebon yang terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Pendapatan Asli Daerah berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Secara parsial, Dana Perimbangan berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Keuangan pemerintah Daerah. Secara parsial, Belanja Daerah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah tidak berpengaruh secara signifikan tehadap Indeks Pembangunan Manusia. Secara simultan, Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Belanja Daerah berpengaruh secara signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia melalui Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Belanja Daerah, Kinerja Keuangan, Indeks Pembangunan Manusia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 17 May 2023 07:15
Last Modified: 17 May 2023 07:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10367

Actions (login required)

View Item View Item