PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN UKURAN PERUSAHAAN ASURANSI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021

RIZKA KHOIRUNNISA, (2023) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN UKURAN PERUSAHAAN ASURANSI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021. Bachelor thesis, S1 Akuntansi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908205098_1_cover.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205098_2_bab1.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205098_6_bab5.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205098_7_dafpus.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

RIZKA KHOIRUNNISA. NIM: 1908205098, “PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN UKURAN PERUSAHAAN ASURANSI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021", 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perusahaan asuransi terkait good corporate governance, corporate social responsibility dan ukuran perusahaan yang mengalami fluktuatif dalam meningkatkan nilai perusahaan. Di era global saat ini, perkembangan teknologi semakin maju dan modern sehingga dapat menimbulkan persaingan usaha di Indonesia semakin ketat. Perusahaan harus mampu mengelola perusahaan dengan seoptimal mungkin untuk mencapai kinerja yang prima. Di mana, para investor sebelum melakukan investasi, akan menganalisis seluruh informasi yang terdapat di Bursa Efek Indonesia yaitu seperti good corporate governance, corporate social responsbility, ukuran perusahaan dan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung maupun tidak langsung good corporate governance, corporate social responsibility dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis data sekunder menggunakan teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi dan library research dengan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan dan laporan tahunan (annual report) yang telah dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia atau situs website masing-masing perusahaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu semuan perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indoneisa sebanyak 18 perusahaan. Sampel yang digunakan sebanyak 10 perusahaan dengan jumlah data sebanyak 50 data. Teknik pengambilan sampelnya ialah purposive sampling. Data dianalisis menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Soution (SPSS) Versi 26. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa: (1) good corporate governance tidak berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) corporate social responsibility tidak berperngaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (4) good corporate governance, corporate social responsibility dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai R square sebesar 44% dan sisanya 56% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Kata kunci: good corporate governance, corporate social responsibility¸ukuran perusahaan, dan nilai perusahaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 17 May 2023 08:13
Last Modified: 17 May 2023 08:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10371

Actions (login required)

View Item View Item