Zezen Zaenal M, (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI UMPAN BALIK EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII MTs PUI Cikaso Kec. Kramatmulya Kab. Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350108_ZEZEN ZAENAL MUTAQIN__ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Zezen Zaenal M : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pemberian Umpan Balik Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (Penelitian tindakan kelas di MTs PUI Cikaso Kec. Kramatmulya Kab. Kuningan) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa kelas VIIIB Mts PUI Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan yang dirasa masih kurang. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti secara kolaborasi dengan guru matematika dikelas VIIIB terhadap materi lingkaran disebabkan karena siswa tidak mengetahui jawaban yang benar atas evaluasi yang telah dilakukan. Dengan demikian, guru belum melakukan upaya untuk memperbaiki kinerja siswa yang telah dilakukan dalam menjawab soal evaluasi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberian umpan balik evaluasi pembelajaran, prestasi belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar dengan pemberian umpan balik evaluasi pembelajaran, respon siswa terhadap proses pembelajaran melalui pemberian umpan balik evaluasi pembelajaran dan untuk mengetahui apakah melalui pemberian umpan balik evaluasi pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan setelah lingkaran yaitu bangun ruang sisi datar di kelas VIIIB. Berdasarkan permasalahan diatas, maka perlu diterapkan suatu evaluasi pembelajaran yang tepat bagi siswa, dalam evaluasi tidak hanya sekedar memberikan angka tetapi sebagai dasar acuan untuk memberikan dasar umpan balik (feed back) untuk memperbaiki kinerja yang telah dilakukannya. Pemberian umpan balik tersebut berupa pemberian motivasi, pemberian jawaban yang benar dan umpan balik klasikal. Hal tersebut tentunya dapat memotivasi siswa untuk memahami materi yang disampaikan dan dapat memberikan peluang kepada siswa untuk aktif, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya secara maksimal yang dapat mengasah kemampuannya dalam hal meningkatkan prestasi belajarnya. Dengan demikian, berdasarkan hal tersebut melalui metode penelitian tindakan kelas yang didukung dengan instrumen tes, observasi dan angket maka peneliti menggunakan pemberian umpan balik pre test sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIB MTs PUI Cikaso pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar, khususnya bangun kubus dan balok. Pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus. Berdasarkan pelaksanaan tindakan sebanyak tiga siklus tersebut, diperoleh suatu kesimpulan bahwa evaluasi pembelajaran melalui pemberian umpan balik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIB MTs PUI Cikaso Kec. Kramatmulya Kab. Kuningan yang dapat dilihat dari aspek kognitif yaitu prosentase peningkatan prestasi belajar siswa untuk siklus I yaitu sebesar 64,8%, siklus II yaitu sebesar 76,2% dan siklus III yaitu sebesar 83,06%. Umpan balik ini mendapatkan respon yang cukup baik dari siswa yaitu sebesar 72% dan aktivitas siswa yang mengalami peningkatan untuk tiap siklusnya yaitu sebesar 56%, 64% dan 78%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 03:01 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 03:29 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1038 |
Actions (login required)
View Item |