Makar Dalam Perspektif Al-Qur'an (Studi Komparatif: Ayat-Ayat Makar dalam Tafsir Al-Kassyaf Karya Zamakysari dan Tafsir Jami’li Ahkam Al-Qur'an Karya Al-Qurtubi)

Ade Sukardi, (2023) Makar Dalam Perspektif Al-Qur'an (Studi Komparatif: Ayat-Ayat Makar dalam Tafsir Al-Kassyaf Karya Zamakysari dan Tafsir Jami’li Ahkam Al-Qur'an Karya Al-Qurtubi). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 IAT.

[img]
Preview
Text
1708304058_1_cover.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708304058_2_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708304058_6_bab5.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708304058_7_dafpus.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Al-Qur'an adalah merupakan Kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Rasulullah SAW melalui malaikat Jibril, diturunkan secara berangsur-angsur dalam kurun waktu 22 tahun 2 bulan dan 22 hari. Diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan, sejak umur Nabi Muhammad SAW 40 tahun sampai wafat diusia 63 tahun. Diantara tema yang diteliti dalam kerangka metode tafsir komperatif, salah satunya mengenai makna Makar yang terkandung dalam Al-Qur'an menurut pandangan beberapa mufassir yaitu Kitab Tafsir Kasyaf karya Imam Zamaksyari dengan Kitab Tafsir Jami’li Ahkam Al-Qur'an karya Imam Qurtubi karena tema ini cenderung termasuk dalam suatu bentuk kejahatan. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif berdasarkan data-data kepustakaan yang dihimpun menggunakan metode tematik (maudu’i) dengan pendekatan studi komparatif antara tafsir Al-Kassyaf karya Zamakysari dan tafsir Jami’li Ahkam Al'Qur'an karya Qurtubi. Skripsi ini merumuskan dua pertanyaan utama 1. Bagaimana penafsiran Imam Zamaksyari dan Imam Al-Qurtubi tentang ayat-ayat Makar? 2. Bagaimana tindakan dari prilaku makar dari zaman Nabi hingga sekarang? Skripsi ini mengidentifikasikan penggunaan kata al-makr dan dirivasinya dalam Al-Qur’an disebutkan sebanyak 43 kali di 23 ayat dalam 14 surah. Hasil tulisan ini mengedikasikan bahwa, makar merupakan suatu kejahatan yang selalu ada dalam sejarah panjang umat manusia. Makar telah ada jauh sebelum Rasulullah Saw dilahirkan dan masih ada hingga di akhir zaman ini. Menurut Zamakysari dalam kitabnya tafsir Al-Kassyaf, yaitu pelaku yang membuat tipu daya, Sedangkan menurut Kitab Tafsir Jami’li Ahkam Al-Qur'an karya Imam Qurtubi, dalam lughot/bahasa itu berarti penipuan dan tertipu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Makar, Zamakysari, Qurtubi
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 May 2023 00:59
Last Modified: 19 May 2023 00:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10383

Actions (login required)

View Item View Item