Resepsi Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur'an Dalam Doa Pembuka dan Penutup Majelis Pengajian Di Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon (Studi Living Qur'an)

Nurlaela, (2023) Resepsi Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur'an Dalam Doa Pembuka dan Penutup Majelis Pengajian Di Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon (Studi Living Qur'an). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 IAT.

[img]
Preview
Text
1908304009_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908304009_2_bab1.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908304009_6_bab5.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908304009_7_dafpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembacaan doa pada saat acara khususnya pengajian baik doa pembuka dan penutup sudah menjadi keharusan demi kelancaran acara atau kegiatan tersebut serta mendapat keberkahan dari Allah Swt. Doa adalah permintaan dari seorang hamba kepada Allah Swt, dengan rasa rendah hati dan tak berdaya di hadapan-Nya serta menunjukkan kebutuhan yang besar. Adapun peran al-Qur’an dalam kehidupan manusia yaitu memberikan stabilitas batin, rasa sejahtera, rasa perlindungan, dan rasa pencapaian serta keberhasilan. Dalam penelitian ini penulis membahas tentang doa dan ayat al-Qur’an yang dibaca pada pengajian di Pondok Pesantren An-Nidhom dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui resepsi santri terhadap ayat-ayat al-Qur’an dalam doa pembuka dan doa penutup pada pengajian di Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai resepsi santri terhadap ayat-ayat al-Qur’an dalam doa pembuka pengajian dan penutup majelis pengajian di Pondok Pesantren An-Nidhom yaitu para santri sangat menyetujui adanya kegiatan membaca doa tersebut. Agar menguatkan mereka di Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon dan ketika mengaji mendapatkan ilmu yang bertambah serta manfaat untuk diamalkan. Ayat al-Qur’an yang dibaca yaitu penggalan surat Thaha ayat 114, surat al-Fatihah, dan surat al-Ashr. Ayat tersebut dibaca bersamaan ketika prosesi doa dilaksanakan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Resepsi Al-Qur’an, Santri, Doa
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 May 2023 01:16
Last Modified: 19 May 2023 01:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10386

Actions (login required)

View Item View Item