PENGARUH PENGUASAAN MATERI BIDANG DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR (Studi Kasus di MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon)

Ahmad Fajri Ali Mubarok, (2012) PENGARUH PENGUASAAN MATERI BIDANG DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR (Studi Kasus di MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350110_AHMAD FAJRI ALI MUBAROK_58451003__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ahmad Fajri Ali Mubarok : Pengaruh Penguasaan Materi Bidang Datar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Penguasaan materi dasar merupakan hal yang sangat penting dalam matematika. Dalam pembelajaran matematika bahwa program matematika supaya diberikan secara bertahap. Dengan kata lain dalam pembelajaran satu bab tidak langsung diajarkan seluruhnya, melainkan harus sedikit demi sedikit agar siswa dapat memahaminya dengan baik. Jadi dengan pembelajaran yang bertahap demikian siswa akan dapat menangkap dan memahami konsep matematika dengan cepat dan mudah. Selain itu, masih ada faktor yang lebih dominan yaitu dari penguasaan materi sebelumnya. Karena dalam ilmu matematika, materi dasar adalah modal untuk dapat memahami dan manguasai materi berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah : a). Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai materi-materi bidang datar. b). Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam penerapan materi-materi bidang datar dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi datar. c)Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan materi bidang datar terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan luas permukaan bangun ruang sisi datar. Penguasaan materi dapat dikatakan suatu kemampuan siswa dalam memahami materi-materi dan konsep setelah proses belajar mengajar. Penguasaan materi yang diukur meliputi aspek mengingat (C1), memahami (C2) dan aplikasi (C3). hasil belajar matematika adalah suatu hafalan, pengetahuan, pemahaman dan aplikasi konsep-konsep dan rumus serta hukum dalam ilmu matematika dari suatu proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs NU Puteri 3 Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon yang terdiri dari 3 kelas. Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Yakni randomisasi atau memilih 1 kelas dari 3 kelas. Dari 3 kelas yang ada, peneliti mengambil sampel yang diwakili oleh satu kelas sebagai kelas sampel, dan yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas B. Hasil penelitian memperoleh persamaan regresinya adalah Y = 31,351 + 0,558X. Nilai thitung sebesar 5,965, kemudian nilai thitung dibandingkan dengan nilai ttabel. Nilai ttabel diperoleh dengan derajat kebebasan (dk) n-2 diperoleh t0,95(40) = 2,021, maka nilai ttabel sebesar 2,021. Maka terlihat bahwa nilai ttabel < thitung atau 2,021 < 5,965, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan nilai Korelasi (r) diperoleh sebesar 0,686 termasuk dalam kategori kuat. Koefisien determinasi (r2) = 0,471 atau 47,1% . Hasil belajar siswa pada pokok bahasan luas permukaan bangun ruang 47,1% ditentukan atau dipengaruhi oleh penguasaan materi bidang datar yang 52,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain.: Pengaruh Penguasaan Materi Bidang Datar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Penguasaan materi dasar merupakan hal yang sangat penting dalam matematika. Dalam pembelajaran matematika bahwa program matematika supaya diberikan secara bertahap. Dengan kata lain dalam pembelajaran satu bab tidak langsung diajarkan seluruhnya, melainkan harus sedikit demi sedikit agar siswa dapat memahaminya dengan baik. Jadi dengan pembelajaran yang bertahap demikian siswa akan dapat menangkap dan memahami konsep matematika dengan cepat dan mudah. Selain itu, masih ada faktor yang lebih dominan yaitu dari penguasaan materi sebelumnya. Karena dalam ilmu matematika, materi dasar adalah modal untuk dapat memahami dan manguasai materi berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah : a). Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai materi-materi bidang datar. b). Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam penerapan materi-materi bidang datar dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi datar. c)Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan materi bidang datar terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan luas permukaan bangun ruang sisi datar. Penguasaan materi dapat dikatakan suatu kemampuan siswa dalam memahami materi-materi dan konsep setelah proses belajar mengajar. Penguasaan materi yang diukur meliputi aspek mengingat (C1), memahami (C2) dan aplikasi (C3). hasil belajar matematika adalah suatu hafalan, pengetahuan, pemahaman dan aplikasi konsep-konsep dan rumus serta hukum dalam ilmu matematika dari suatu proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs NU Puteri 3 Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon yang terdiri dari 3 kelas. Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Yakni randomisasi atau memilih 1 kelas dari 3 kelas. Dari 3 kelas yang ada, peneliti mengambil sampel yang diwakili oleh satu kelas sebagai kelas sampel, dan yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas B. Hasil penelitian memperoleh persamaan regresinya adalah Y = 31,351 + 0,558X. Nilai thitung sebesar 5,965, kemudian nilai thitung dibandingkan dengan nilai ttabel. Nilai ttabel diperoleh dengan derajat kebebasan (dk) n-2 diperoleh t0,95(40) = 2,021, maka nilai ttabel sebesar 2,021. Maka terlihat bahwa nilai ttabel < thitung atau 2,021 < 5,965, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan nilai Korelasi (r) diperoleh sebesar 0,686 termasuk dalam kategori kuat. Koefisien determinasi (r2) = 0,471 atau 47,1% . Hasil belajar siswa pada pokok bahasan luas permukaan bangun ruang 47,1% ditentukan atau dipengaruhi oleh penguasaan materi bidang datar yang 52,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 03:11
Last Modified: 06 Jun 2017 01:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item