Meta Ayu Azizah, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL CERITA (Eksperimentasi Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Karangsembung). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350111_Meta AYU AZIZAH_58450986__ok.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Meta Ayu Azizah, NIM 58450986. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Reaslistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal-soal Cerita (Eksperimentasi Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Karangsembung). Skripsi. Cirebon : Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati, Juni 2012. Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang tercantum dalam lampiran Permendiknas No. 20 tahun 2006 tentang standar isi (ayat 3) adalah agar siswa mampu memecahkan masalah yang meliputi kemampuan menyelesaikan masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Namun kenyataanya tidak sedikit siswa yang belum mampu memahami dan menyelesaikan masalah kontekstual matematika. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi pembelajaran yang mengajak siswa untuk dapat memahami soal-soal matematika, khususnya soal cerita. Realistic Mathematic Education memberikan alternatif baru untuk siswa agar dapat mematematisasi permasalahan sehari-hari yang relevan dengan matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji besarnya pengaruh penerapan strategi pembelajaran RME terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita, untuk mengkaji nilai kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita pada pokok bahasan Prisma dan Limas, serta untuk mengkaji respon siswa terhadap penerapan RME. Realistic Mathematic Education merupakan strategi pembelajaran yang mengangkat masalah kontekstual sebagai tolak pembelajaran. Soal cerita matematika adalah soal-soal matematika yang dinyatakan dalam kalimat-kalimat bentuk cerita yang perlu diterjemahkan menjadi kalimat matematika atau persamaan matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Karangsembung. Sementara sampel diperoleh dengan metode cluster random sampling, dengan kelas yang digunakan adalah kelas VIII – A. Instrumen yang digunakan adalah angket, observasi dan tes kemampuan menyelesaikan soal-soal cerita. Setelah dilakukan penyebaran angket, maka diperoleh sebanyak 60% siswa merespon sangat positif, sebanyak 22,5% siswa merespon positif, dan sisanya 17,5% siswa merespon negatif terhadap penerapan strategi pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung > ttabel (11,733 > 1,684), sehingga hipotesis alternatif bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran RME terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita diterima. Nilai rata-rata kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita adalah 80,23. Hasil uji analisis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif, hal tersebut terlihat dari nilai korelasi yang bernilai positif, yaitu sebesar 0,885. Artinya, bahwa semakin baik penerapan strategi pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME), maka semakin meningkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 03:15 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 04:04 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1041 |
Actions (login required)
View Item |