Penafsiran Memperjualbelikan Ayat-Ayat Allah Dalam Tafsir Al-Azhar (Studi Tafsir Tematik dengan Pendekatan Hermeneutika Gadamer)

Rifa'i Muhaimin, (2023) Penafsiran Memperjualbelikan Ayat-Ayat Allah Dalam Tafsir Al-Azhar (Studi Tafsir Tematik dengan Pendekatan Hermeneutika Gadamer). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 IAT.

[img]
Preview
Text
1608304046_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608304046_2_bab1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608304046_6_bab5.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608304046_7_dafpus.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penafsiran memperjualbelikan ayat-ayat Allah dengan pendekatan Hermeneutika Gadamer. Memperjualbelikan ayat-ayat Allah merupakan perbuatan yang beertentangan dengan ajaran yang ada didalam Al-Qur'an. Namun Sebagian umat islam yang hidup di zaman modern ini telah banyak yang mempratekkan memperjualbelikan ayat-ayat Allah karena mereka tidak tahu apa yang dinamakan dengan memperjualbelikan ayat-ayat Allah. Menurut mereka memperjualbelikan ayat-ayat Allah hanyalah sebuah bacaan dan tidak ada maknanya. Mereka juga tidak menmgetahui bahwa memperjualbelikan ayat-ayat Allah memperjualbelikan ayat-ayat Allah dapat menyengsarakan di kehidupan dunia dan diakhirat nantinya. Dengan pemahaman seperti itu menjadikan mereka lali akan mengingat Allah, sehingga jiwa mereka mengalami kemiskinan rohaniah (Spiritual). Dalam Skripsi ini penulis mencoba mendeskripsikan penafsiran memperjualbelikan ayat-ayat Allah dalam Tafsir Al-Azhar menurut Buya Hamka. Dan tujuan dari penulisan sekripsi adalah untuk mengetahui penafsiran Buya Hamka tentang memperjualbelikan ayat-ayat Allah dalam Tafsir Al-azhar serta untuk mengetahui makna barunya. Penelitian ini menggunakan Analisis-Deskriptif yang bertujuan untuk memberikan keterangan dan gambaran yang sejelas-jelasnyadan mendalami lebih jauh dalam upaya memahami Al-Qur'an dan penafsirannya secara Komprehensif. Sedangkan jenis penelitian ini menggunakan penelitian study tafsir, yaitu dengan pemahaman mengenai penafsiran memperjualbelikan ayat-ayat Allah dalam Tafsir al-Azhar karya Buya Hamka. Dalam Tekhnik pengumpulan data, sumber data primer vmenjadi referensi utama yaitu Tafsir Al-Azhar. Sedangkan sumberdata sekunder sebagai bahan rujukan yang menjadi pendukung, baik berupa buku, jurnal, artikel, majalah, tulisan ilmiah atau media internet yang jelas sumbernya. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, bahwa memperjualbelikan ayat-ayat Allah menurut Buya Hamka adalah menilai ayat-ayat Allah. Maksudnya menilai ayat-ayat Allah dengan mengharapkan keuntungan dunia. Artinya memperjualbelikan ayat-ayat Allah adalah menukar sebuah kebenaran yang dating dari Allah dan Rasulnya dengan mengharapkan kedudukan dan jabatan. Selain menilai dan menukar Buya Hamka mengartikan memperjualbelikan ayat-ayat Allah dengan banyak makana yaitu membocorkan rahasia negara, menfatwakan sebuah hukum yang bertentangan dengan Al-Qur'an, dan melanggar Undang_undang dasar 1945.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an, Memperjualbelikan ayat-ayat Allah, Hermeneutika Gadamer
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 May 2023 07:46
Last Modified: 19 May 2023 07:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10418

Actions (login required)

View Item View Item