Rindi Antika, (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PERMAINAN KERETA DOMINO DALAM PEMBELAJARAN OPERASI BENTUK ALJABAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII SMP NU Uswatun Hasanah Jagapura Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350113_RINDI ANTIKA_07459067__ok.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Rindi Antika: “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Metode Permainan Kereta Domino dalam Pembelajaran Operasi Bentuk Aljabar (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII SMP NU Uswatun Hasanah Jagapura Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon)” Proses pembelajaran selama ini yang terjadi umumnya masih bersifat monoton atau belum bervariasi hal ini menyebabkan siswa merasa jenuh, kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar, dan kesulitan dalam memahami materi yang telah disampaikan khususnya dalam mata pelajaran matematika. Banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika sebagai mata pelajaran yang rumit dan memusingkan sehingga banyak siswa yang kurang senang terhadap mata pelajaran ini. Hal-hal tersebut membuat rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan dari penerapan pembelajaran ini yaitu untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, dan sikap siswa terhadap pembelajaran operasi bentuk aljabar dengan metode permainan kereta domino. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah tercapainya peningkatan prestasi belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran matematika. Metode permainan kereta domino merupakan salah satu inovasi dalam pendidikan matematika. Permainan kereta domino yang dimaksud dalam penelitian ini adalah permainan yang merupakan aplikasi dari teori belajar Dienes dengan mengadopsi dari permainan kartu domino tetapi dimodifikasi ke dalam pembelajaran matematika. Metode permainan kereta domino ini menitikberatkan pada penanaman konsep ingatan pada siswa, adanya unsur kompetisi untuk membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa, serta mengatasi kejenuhan yang sering dialami siswa di kelas. Subjek dalam penelitiaan ini adalah siswa kelas VII SMP NU Uswatun Hasanah Jagapura Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon yang berjumlah 21 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa, rata-rata aktivitas positif siswa dalam proses pembelajaran meningkat dari 58% pada siklus I, 70% pada siklus II menjadi 77% pada siklus III. Terdapat peningkatan prestasi belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa hanya 13 siswa atau 62%, pada siklus II 16 siswa atau 76 % dan pada siklus III meningkat menjadi 18 siswa atau sebesar 86%. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 68, pada siklus II meningkat menjadi 71 dan pada siklus III meningkat menjadi 76. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan kereta domino dalam pembelajaran operasi bentuk aljabar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 03:23 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:01 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1043 |
Actions (login required)
View Item |