NURMILAH, (2012) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DAN PECAHANDALAM BIDANG STUDI MATEMATIKA DI MTs PLUS NURUL HUDA LOSARI BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MTK_107350050_nur milah__ok.pdf Download (944kB) | Preview |
Abstract
NURMILAH (505470054). Penerapan Metode Cooperative Learning Teknik Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat dan Pecahan dalam Bidang Studi Matematika di MTs Plus Nurul Huda Losari Brebes. Pembelajaran matematika memerlukan suatu bentuk pengajaran dimana siswa dapat bertukar informasi, pendapat, dan unsur-unsur pengalaman secara teratur dengan maksud untuk mendapatkan pengertian bersama yang lebih cermat tentang permasalahan atau topik yang sedang dibahas. Salah satu faktor yang membuat siswa merasa malas, jenuh, dan keluhan lainnya dalam proses belajar di dalam kelas adalah metode pembelajaran yang monoton. Untuk menumbuhkan perhatian, keaktifan, dan siswa merasa senang dalam belajar matematika, metode Cooperative Learning teknik Jigsaw merupakan metode yang tepat untuk merangsang siswa lebih aktif dalam belajar. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk menemukan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw, menemukan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode ceramah, menemukan sebesar besar perbandingan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw dan yang menggunakan metode ceramah. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Plus Nurul Huda yang berjumlah 128 siswa pada tahun pelajaran 2010/2011. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode random sampling dan diperoleh kelas VII.2 dan VII.3 yang berjumlah 96 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu VII.2 sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah. Cooperative Learning teknik Jigsaw adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya Penelitian skripsi ini bertolak dari pemikiran sistem belajar mengajar, salah satu tujuan yang hendak dicapai adalah tercapainya hasil belajar yang baik. Salah satu upaya untuk mendapatkan hasil belajar yang baik adalah dengan menggunakan metode jigsaw. Metode pengumpulan data ini secara empiris dilaksanakan dengan cara : observasi, wawancara, studi dokumentasi dan tes. Kemudian data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Data yang diperoleh dianalisis pada taraf nyata 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Hasil belajar dalam pembelajaran matematika menggunakan Cooperative Learning teknik Jigsaw mengalami peningkatan rata-rata nilai sebesar 5,34 dengan peningkatan sebesar 2,67.(2) Hasil belajar dalam pembelajaran matematika menggunakan metode ceramah mengalami peningkatan rata-rata nilai sebesar 3,65 dengan peningkatan sebesar 1,83.(3) Berdasarkan pengujian uji hipotesis hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Plus Nurul Huda pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan menunjukkan t hitung adalah 2,46 sedangkan t tabel dengan derajat kebebasan (dk) sebesar nA + nB – 2 = 94 dengan taraf α = 0,05 adalah 1,66. Hasil ini menunjukkan t hitung > t tabel, dengan demikian ada perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara kelompok siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw dengan kelompok siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 03:36 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 07:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1046 |
Actions (login required)
View Item |