INDRIYANI RESTUTI, (2010) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA DALAM BENTUK CERITA SISWA KELAS VIII SMP SINDANG JAWA KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Post-Doctoral thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MTK_107350078_indriyani restuti__ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDRIYANI RESTUTI : ”Hubungan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika dalam Bentuk Cerita Siswa kelas VIII SMP Sindang Jawa Dukupuntang Kabupaten Cirebon” Kegiatan evaluasi pada pelajaran matematika dapat dilakukan dengan pemberian soal-soal dalam bentuk cerita. Pemecahan masalah dalam soal cerita matematika ini memerlukan pemahaman yang baik dalam mencari solusinya, pemahaman soal cerita tersebut (pemahaman kalimat soal berbentuk cerita) dipelajari pada bidang studi Bahasa Indonesia. Hal ini berarti bahwa jika siswa memiliki prestasi yang baik pada bidang studi Bahasa Indonesia, maka akan memahami dan menyelesaikan soal-soal matematika bentuk cerita dengan baik pula. Meskipun demikian, siswa masih saja menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit apalagi dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah hubungan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika bentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar Bahasa Indonesia, hasil belajar matematika dengan soal-soal cerita dan sebarapa erat hubungan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika bentuk cerita di kelas VIII SMP Sindang Jawa Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Prestasi belajar Bahasa Indonesia merupakan hasil dari belajar siswa pada bidang studi Bahasa Indonesia setelah diadakan ulangan. Adapun salah satu kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah aspek membaca. Membaca di sini meliputi memahami dan kemudian menyimpulkan. Secara tidak langsung membaca juga digunakan dalam menyelesaikan soal metematika bentuk cerita. Artinya dengan dengan kemampuan membaca (berbahasa) yang baik, maka dapat membantu menyelesaikan soalsoal matematika bentuk cerita dengan baik pula. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi dokumentasi, dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Sindang Jawa Dukupuntang Kabupaten Cirebon dengan target populasi kelas VIII yang sekaligus dijadikan sebagai sampel dengan jumlah 34 siswa. Variabel dalam penelitian terdiri dari dua variabel yaitu variabel X yang merupakan pretasi belajara Bahasa Indonesia dan variabel Y yang merupakan kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika bentuk cerita. Data yang diperoleh adalah data prestasi Bahasa indonesia yang diambil dari hasil UTS semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dan data hasil tes matematika dengan soal cerita, yang kemudian dianalisis dengan uji normalitas menggunakan chi-kuadrat. Setelah data diketahui normal, maka dilanjutkan uji homogenitas, kemudian melakukan uji regresi dengan uji varians, uji korelasi dan hipotesis. Hasil analisis data, diperoleh nilai korelasi r= 0.41 yang menunjukkan interpretasi cukup kuat. Sedangkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan thitung > ttabel (2.549 >2.45) dengan menggunakan uji satu pihak dan taraf signifikan 1%; n = 34; dk = n-2 = 34 - 2 =32. Berdasarkan kriteria uji, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan Kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika bentuk cerita siswa kelas VIII SMP Sindang Jawa Dukupuntang kabupaten Cirebon.
Item Type: | Thesis (Post-Doctoral) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 03:40 |
Last Modified: | 20 Mar 2017 03:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1047 |
Actions (login required)
View Item |