Strategi Baznas Kota Cirebon Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SGDs) Melalui Distribusi Zakat Produktif (Studi Kasus di Badan Amil Zakat Nasional Kota Cirebon)

Titik Aulia Widi Hastuti, (2023) Strategi Baznas Kota Cirebon Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SGDs) Melalui Distribusi Zakat Produktif (Studi Kasus di Badan Amil Zakat Nasional Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908204127_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204127_2_bab1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204127_6_bab5.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204127_7_dafpus.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Titik Aulia Widi Hastuti, Nim: 1908204127, “Strategi Baznas Kota Cirebon Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SGDs) Melalui Distribusi Zakat Produktif (Studi Kasus di Badan Amil Zakat Nasional Kota Cirebon)”, 2023. Kemiskinan memang menjadi suatu permasalahan di setiap negara di dunia, tidak terkecuali di Indonesia, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Akan tetapi masih saja terdapat kendala-kendala yang akhirnya menghambat terciptanya kesejahteraan tersebut. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) membuktikan bahwa kemiskinan di Indonesia masih tinggi sehingga diperlukan solusi untuk mengentaskan kemiskinan, Baznas kota Cirebon memiliki peran penting dengan melihat potensi zakat produktif yang diperuntukkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Baznas kota Cirebon dalam mewujudkan sustainable development goals (SDGs) melalui distribusi zakat produktif. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang merupakan suatu cara ilmiah yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh data dengan tujuan dan kegunaan tertentu, maka pelaksanaan penelitian akan lebih terarah, sebab metode penelitian yang dimaksudkan untuk memberi kemudahan dan kejelasan tentang apa yang akan diteliti dan bagaimana penelitian dilakukan. Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian kepustakaan dan studi lapangan, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga akan ditemukan data yang berkaitan dengan objek penelitian. Adapun hasil penelitian ini menyatakan bahwa: Strategi Baznas kota Cirebon dalam mengentaskan kemiskinan memiliki strategi dengan dana zakat produktif melalui program Cirebon Mandiri yang dikhususkan untuk mensejahterakan masyarakat kota Cirebon dengan adanya bantuan modal usaha kepada para mustahik seperti Z-Mart dan budidaya kerang ijo (burjo). Dalam implementasi program Cirebon Mandiri jika dilihat dari konsep penta helix terdapat lima peran inti yaitu pemerintah, akademisi, lembaga filantropi, komunitas dan media, adapun peran akademisi di sini masih belum tersentuh dalam perencaaan program Cirebon Mandiri. Faktor pendukung dari program Cirebon Mandiri yaitu adanya dukungan dari sektor pemerintah daerah dan faktor penghambat dari program ini yaitu dari para mustahik sendiri yang tidak menggunakan dana zakat produktif tidak sebagaimana mestinya. Kata Kunci: Zakat, Infak, Sedekah, Sustainable Deveplomet Goals, dan Kesejahteraan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 24 May 2023 01:49
Last Modified: 24 May 2023 01:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10528

Actions (login required)

View Item View Item