WINA ANDRIYANI, (2023) PENGARUH HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE SHOPEE DENGAN KUALITAS PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA MAHASISWA TINGKAT S1 DI KOTA CIREBON). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.
|
Text
1908204098_1_cover.pdf Download (930kB) | Preview |
|
|
Text
1908204098_2_bab1.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
1908204098_6_bab5.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
1908204098_7_dafpus.pdf Download (342kB) | Preview |
Abstract
WINA ANDRIYANI. NIM: 1908204098, “PENGARUH HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE SHOPEE DENGAN KUALITAS PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA MAHASISWA TINGKAT S1 DI KOTA CIREBON), 2023.” Saat ini perkembangan dunia teknologi semakin maju, dengan pesatnya perkembangan teknologi, metode pembayaran dalam transaksi ekonomi terus mengalami perubahan. Salah satu marketplace yang saat ini digunakan adalah shopee. pada tahun 2018 konsumen online shop lebih memilih shopee untuk transaksi belanja online. Ketika konsumen melakukan transaksi, konsumen cenderung fokus pertama pada harga dan kualitas produk, karena harga dan kualitas produk cukup penting terhadap ketertarikan minat beli konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada marketplace shopee pada mahasiswa tingkat S1 di kota Cirebon. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan model analisis jalur (path analysis). Penarikan sampel menggunakan purposive sampling untuk variabel bebas (X) yaitu harga, untuk variabel independen (Y) yaitu minat beli, dan untuk variabel intervening (M) yaitu kualitas produk. Pada penelitian ini jumlah responden yang digunakan adalah 100 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis variabel harga tidak berpengaruh secara langsung terhadap minat beli konsumen pada marketplace shopee, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (1,580<1,661) dengan nilai signifikan 0,117. Harga berpengaruh positif terhadap kualitas produk, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (8,161>1,661) dan nilai signifikan sebesar 0,000. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen pada marketplace shopee, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (3,694>1,661) dengan nilai signifikan 0,000. Dan harga berpengaruh secara tidak langsung terhadap minat beli konsumen dengan adanya kualitas produk sebagai variabel intervening, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien pengaruh tidak langsung > pengaruh secara langsung (0,261>0,117). Kata Kunci: Harga, Minat Beli, Kualitas Produk
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 24 May 2023 02:17 |
Last Modified: | 24 May 2023 02:17 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10532 |
Actions (login required)
View Item |