PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE DAN FINANCIAL BEHAVIOUR TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Pada Anggota Pembiayaan Murabahah KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera Rajagaluh)

LIANA SRI WULANDARI, (2023) PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE DAN FINANCIAL BEHAVIOUR TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Pada Anggota Pembiayaan Murabahah KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera Rajagaluh). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203075_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203075_2_bab1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203075_6_bab5.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203075_7_dafpus.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

LIANA SRI WULANDARI. NIM: 1908203075, “PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE DAN FINANCIAL BEHAVIOUR TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Pada Anggota Pembiayaan Murabahah KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera Rajagaluh)”, 2023. Perkembangan jumlah UMKM yang tiap tahunnya meningkat bukan tanpa masalah dan kendala, diantaranya berkaitan dengan financial knowledge dan financial behaviour pelaku UMKM. Financial knowledge bagi pelaku UMKM sangat penting dalam mengelola, menjalankan, serta mengembangkan usahanya. Selain itu, financial behaviour masyarakat yang cenderung konsumtif kemudian menimbulkan berbagai masalah yang tidak bertanggung jawab seperti kurangnya menabung, investasi, perencanaan dana darurat, dan tidak bisa membayar pinjaman secara tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara financial knowledge dan financial behaviour terhadap perkembangan UMKM pada anggota pembiayaan murabahah KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera Rajagaluh. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 86 responden dari populasi 579. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis pertama diterima yakni variabel financial knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada anggota pembiayaan murabahah KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera Rajagaluh dengan pengaruh parsial sebesar 40,6%. Hipotesis kedua diterima, yakni variabel financial behaviour berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada anggota pembiayaan murabahah KSPPS Al-Ishlah Mitra Sejahtera Rajagaluh dengan pengaruh parsial sebesar 21,8%. Hipotesis ketiga diterima, yakni variabel financial knowledge dan financial behaviour secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada anggota pembiayaan murabahah KSPPS Al�Ishlah Mitra Sejahtera Rajagaluh dengan pengaruh simultan sebesar 62,4%. Kata Kunci: financial knowledge, financial behaviour, perkembangan UMKM

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 26 May 2023 07:03
Last Modified: 26 May 2023 07:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10567

Actions (login required)

View Item View Item