ATIQOH, (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI PEMULA (USIA 13-17TAHUN) DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA DESA MUNJUL KABUPATENCIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
ATIQOH_07410046__OK.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ATIQOH: 07410046 : PENGARUH METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA KABUPATEN CIREBON Upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab santri Nurul Huda Munjul Pesantren Kabupaten Cirebon adalah dengan adanya metode sorogan dalam proses pembelajaran di pesantren. Metode sorogan yang dilakukan di pesantren ini menjadikan santri dapat membaca kitab kuning dengan lancar sesuai dengan metode yang diterapkan yaitu metode sorogan. Penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Huda Munjul Kabupaten Cirebon bertujuan untuk memperoleh data tentang penerapan metode sorogan, untuk mengetahui kemampuan membaca kitab kuning santri, dan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan metode sorogan dengan kelancaran membaca kitab kuning santri. Penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa metode sorogan akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan membaca kitab kuning santri sehingga perkembangan dan pemahaman santri mengenai materi pembelajaran dapat dipahami secara maksimal. Dengan demikian, penggunaan metode sorogan yang baik dan benar akan memberikan pengaruh besar untuk kelancaran membaca dan pemahaman santri dalam mengaji kitab kuning. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik-teknik sebagai berikut : (1) teknik pengumpulan data. Adapun teknik-tekniknya adalah; a. observasi, b. wawancara, c. penyebaran angket kepada santri yang dijadikan sampel sebanyak 25% dari jumlah siswa seluruhnya yaitu 52 santri, d. dokumentasi. (2) menggunakan rumus prosentase dan (3) untuk mengetahui hubungan antara variabel x dan variabel y, maka digunakan rumus korelasi pearson product moment (PPM). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : hasil perhitungan koefisien korelasi dengan nilai 0,615. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa pengaruh metode pembelajaran sorogan terhadap kemampuan membaca kitab Safinah Al-Najah santri di Pesantren Nurul Huda Desa Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon mempunyai pengaruh yang kuat dan signifikan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 04:49 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 01:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1058 |
Actions (login required)
View Item |