Unsur Teologis Pada Tradisi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Di Desa Tegalgubug Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon

Novia Auliansyah, (2023) Unsur Teologis Pada Tradisi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Di Desa Tegalgubug Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 AFI.

[img]
Preview
Text
1908303029_1_cover.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908303029_2_bab1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908303029_6_bab5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908303029_7_dafpus.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Agama dan Tradisi merupakan dua unsur yang memiliki pengaruh satu dengan yang lainnya. Dan memiliki kepentingan agama dan kepentingan tradisional, dari setiap tradisi yang ada dimasyarakat berbeda-beda disetiap daerahnya dan memiliki nilai dan makna yang berbeda-beda juga. Didalam tradisi-tradisi perayaan maulid nabi memiliki unsur teologis tersendiri yang disetiap tradisinya memiliki makna akan tuhan dan manuisia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana makan dan bentuk tradisi maulid nabi Muhammad Saw yang ada di Desa Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dilakukan dengan metode fenomenologi, yaitu jenis penelitian kualitatif yang melihat dan mendengar lebih dekat dan terperinci penjelasaan dan pemahamaan individu tentang pengalamannya saat di lapangan. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu guna mengimpertasikan serta menjelaskan pengalaman-pengalaman. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang ada kelima tradisi maulid nabi Muhammad Saw yang ada di desa Tegelgubug tersebut yang memiliki unsur telogis tersebut disimpulkan sebagai berikut; tumpengan memiliki unsur teologis rasa syukur kepada tuhan atas rezeki yang telah diberikan oleh tuhan, empalan, rasa syukur dan kasih sayang terhadap sesama yang sesuai dengan sifat tuhan yang maha pengasih dan penyayang, tahlilan wujud rasa cinta dan kasih sayang kepada tuhan untuk selalu mengingat tuhan, sholawatan wujud rasa kasih sayang dan cinta terhadap kekasih Allah yaitu Nabi Muhammad Saw, dan yang terakhir saweran rasa syukur atas rezeki yang Allah berikan dan untuk saling menjaga kerukunan disetiap masyarakatnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Maulid Nabi, Unsur Teologis, Budaya
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Filsafat Agama
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 May 2023 00:50
Last Modified: 29 May 2023 00:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10581

Actions (login required)

View Item View Item