Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Limbah Pabrik Batu Alam di Desa Kepuh Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon (Analisis Teori Filsafat Lingkungan Hidup A. Sonny Keraf)

Ilhamah, (2023) Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Limbah Pabrik Batu Alam di Desa Kepuh Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon (Analisis Teori Filsafat Lingkungan Hidup A. Sonny Keraf). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 AFI.

[img]
Preview
Text
1908303035_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908303035_2_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908303035_6_bab5.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908303035_7_dafpus.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini lahir karena fenomena kerusakan lingkungan yang disebabkan manusia sudah pada taraf yang meresahkan. Seperti yang terjadi di Desa Kepuh Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon kerusakan lingkungan akibat limbah pabrik batu alam. Adapun rumusan penelitian ini antara lain untuk mengetahui bagaimana dampak, faktor penyebab dan prosesnya, apa saja tawaran dan solusi dari filsafat lingkungan hidup A. Sonny Keraf dan bagaimana kontekstualisasi filsafat lingkungan hidup A. Sonny Keraf terhadap pencemaran lingkungan pada air sungai irigasi Jamblang Kiri akibat limbah pabrik batu alam di Desa Kepuh Kecamatan Palimanan Kabupaten. Sehingga didapatkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kerusakan lingkungan ditinjau dari perspektif teori filsafat lingkungan hidup A. Sonny keraf. Penelitian ini jenis kualitatif/penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan langsung di tempat terjadinya gejala-gejala yang diteliti. Metode pendekatan penelitian ini adalah fenomenologi, bertujuan untuk mempelajari kesadaran sebagai pengalaman subjektif dari sudut pandang fundamental guna memperoleh data dan dianalisis lebih jauh. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa kerusakan lingkungan menurut A. Sonny Keraf dengan tegas mengatakan bahwa krisis lingkungan hidup yang saat ini terjadi merupakan kesalahan sikap dan perilaku manusia dalam relasinya dengan alam semesta. Adapun tawaran cara pandang baru sebagai solusi dari A. Sonny yang pemikirannya diadaptasi dari Fritjop Capra yaitu membangun paradigma holistik-ekologis, Ecoliteracy, dan Bioregionalisme.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Lingkungan, Pencemaran Limbah Batu Alam, Ekologi Dalam A. Sonny Keraf
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Filsafat (Umum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Filsafat Agama
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 May 2023 01:11
Last Modified: 29 May 2023 01:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10587

Actions (login required)

View Item View Item